Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 11 August 2018

Tentukan Awal Zulhijjah, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini


Tentukan Awal Zulhijjah, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

islamindonesia.id – Tentukan Awal Zulhijjah, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

 

Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan sidang isbat atau penetapan awal Zulhijjah 1439 Hijriah pada 29 Zulkaidah 1439 pada Sabtu 11 Agustus 2018 sore.

Pelaksanaan sidang isbat awal Zulhijjah akan digelar di Kantor Kementerian Agama di Jalan MH Thamrin No.6 Jakarta mulai pukul 17.00 WIB.

Informasi dari laman kemenag.go.id, proses sidang isbat diawali pemaparan posisi hilal awal Zulhijjah 1439 H oleh anggota Tim Falakiyah di Auditorium HM Rasjidi. Usai Salat Maghrib dilanjutkan dengan pembukaan sidang isbat yang akan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, penyampaian data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal.

Setelah pemyampaian pandangan ormas atau peserta sidang Isbat, dilakukan penetapan Awal Zulhijjah dilanjutkan dengan jumpa pers.

Kemenag berkewajiban melangsungkan sidang isbat sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu penetapan awal bulan Ramadan, Syawal dan Zulhijjah.

Disampaikan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bertujuan untuk memberikan pedoman bagi masyarakat muslim dalam menjalankan ibadah. Menurutnya, Pelaksanaan sidang isbat ini juga merupakan amanah Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *