Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 21 August 2018

Tema Khotbah Idul Adha Istiqlal: Rajut Silaturahim Kikis Intoleran


Tema Khotbah Idul Adha Istiqlal Rajut Silaturahim Kikis Intoleran

islamindonesia.id – Tema Khotbah Idul Adha Istiqlal: Rajut Silaturahim Kikis Intoleran

 

Masjid Istiqlal bakal menggelar salat Idul Adha 1439H/2018 pada Rabu (22/8/2018) besok. Adapun yang menjadi Imam salat Ied adalah KH Ahmad Husni Ismail dan khatib, Dr Yusnar Yusuf Rangkuti.

“Besok untuk salat Ied, imamnya KH Ahmad Husni Ismail dan khatibnya Dr Yusnar Yusuf Rangkuti selaku Pengurus Besar PB Al Washliyah. Sedang temanya merajut silaturahim, mengikis intoleran,” ungkap Kepala Bagian Protokol dan Pelayanan Wisata Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, Selasa (21/8/2018).

Menurutnya, tema itu dipilih karena sesuai dengan keadaan sekarang. Silaturahmi itu perlu ditingkatkan dan sikap intoleran harus dibuang jauh. Kita semua, harus lebih banyak bertoleransi dan bersilaturahim meskipun berbeda pilihan, jangan sampai pilihan berbeda, sesama suami-istri, saudara, dan sahabat bertengkar.

Dia pun berpesan kepada masyarakat Indonesia di Hari Raya Idul Adha ini dengan mengingatkan peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS. Kurban itu merupakan contoh Nabi Ibrahim, ketika diperintahkan menyembelih anaknya melalui mimpinya yang benar.

“Nabi Ibrahim AS saat sudah diperintah, perintahnya benar, itu ikhlas menjalankan perintah itu, keikhlasan itu yang tak ada sekarang. Kebanyakan orang sekarang karena diembel-embelin sesuatu dia kerja, tak ada keikhlasan,” tuturnya.

Dia memaparkan, ikhlas beramal itu yang susah dicari dewasa ini lantaran semuanya hanya dipatok atau diukur melalui materi belaka. Maka itu, keikhlasan dan sifat ketawakalan Nabi Ibrahim AS saat mendapatkan perintah Allah SWT itulah yang patut dicontoh masyarakat Indonesia.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *