Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 30 August 2016

TASAWUF–Allah adalah Pasangan Sejati Jiwa


pasangan

Islamindonesia.id–Allah adalah Pasangan Sejati Jiwa
Semua manusia takkan dapat memuaskan dahaga jiwanya kecuali, melalui suatu pergulatan sengit di dalam dirinya, bermesra-mesra dengan Allah, satu-satunya Dzat yang didamba oleh kedalaman sukmanya, fitrah kejadiannya.

Seorang sufi pernah berwasiat kepada murid-muridnya: “Wahai para pecinta Dzat Yang Mahakekal dan para pendamba Kekasih Yang Suci dari aneka cacat, wahai kupu-kupu yang terbang mengitari Cahaya Keindahan Yang Mahamutlak dan para musafir yang tersesat di lembah kebimbangan dan kesirnaan, kembalilah sejenak kepada fitrah kalian, bukalah lembaran-lembaran jiwamu, untuk mengetahui bahwa Dzat Yang Mahakuasa telah menggariskan dalam fitrah kalian suatu ketetapan yang berbunyi: …fitrah Allah yang dengannya Ia menciptakan manusia. (QS Al-Rûm [30]: 30) Sesungguhnya aku palingkan wajahku kepada-Nya, yang telah menciptakan langit dan bumi…. (QS Al-An‘âm [6]: 79)”

“Sampai kapan engkau akan menyia-nyiakan cinta fitri yang dilimpahkan Allah dengan mencintai sebarang kekasih karena khayalanmu yang sesat? Jika objek cintamu adalah keindahan-keindahan tak sempurna dan kesempurnaan-kesempurnaan yang terbatas, mengapakah api cintamu tak mereda setiap kali kamu meraihnya?”

“Bangunlah dari tidur nyenyak yang membuatmu lupa, sambutlah kabar gembira ini, bergembiralah karena engkau memiliki Kekasih tanpa ketaksempurnaan, tanpa cacat, dan tanpa batas. Cahaya yang kau cari adalah Cahaya yang sinar-Nya menerangi alam semesta.” ****

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *