Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 09 May 2020

Tarawih di Masjidil Haram Telah Diizinkan Kembali


islamidonesia.id – Tarawih di Masjidil Haram Telah Diizinkan Kembali

Kerajaan Arab Saudi melalui Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud telah mengizinkan kembali kegiatan salat Tarawih selama Ramadan di Masjidil Haram setelah sebelumnya sempat ditutup.

Izin tersebut dikeluarkan setelah mereka menerapkan beberapa protokol kesehatan untuk menghindari potensi penularan virus corona.

Di antara protokol itu adalah dengan cara memasang gerbang khusus untuk menyemprotkan cairan disinfektan di pintu masuk Masjidil Haram, dan setiap jemaah ketika di dalamnya wajib menjaga jarak.

Sebagaimana dilansir dari The Guardian Nigeria dan dikutip oleh CNN, Jumat (8/5), perangkat tersebut bekerja otomatis untuk memindai dan menyemprotkan cairan disinfektan ke jemaah sebelum masuk ke Masjidil Haram.

Alat tersebut juga akan dipasang di seluruh gerbang di Bandara King Abdul Aziz.

Menurut penjelasan pengurus Masjidil Haram, alat itu dilengkapi dengan pemindai suhu untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang dari jarak enam meter. Perangkat itu juga dilengkapi dengan monitor untuk menampilkan hasil pembacaan pemindai suhu beberapa orang secara bersamaan hanya dalam waktu satu detik.

Seluruh pengunjung Masjidil Haram wajib melewati alat tersebut. Pengurus juga akan membersihkan perangkat itu secara berkala setelah digunakan.

Setelah salat Tarawih, Masjidil Haram kembali ditutup untuk menghindari potensi penularan virus corona.

Mengenai pelaksanaan ibadah haji tahun ini, sejumlah negara saat ini tengah menantikan keputusan dari Arab Saudi apakah memperbolehkan atau ditunda.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Info Haramain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *