Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 30 January 2019

Tanggapi Protes Lafaz ‘Allah’, Nike: Itu Tidak Disengaja


Tanggapi Protes Lafaz ‘Allah’, Nike Itu Tidak Disengaja

islamindonesia.id – Tanggapi Protes Lafaz ‘Allah’, Nike: Itu Tidak Disengaja

 

Tercatat ada ribuan orang yang melayangkan protes keras atas peluncuran produk sepatu Nike tipe Air Max 270 yang di bagian sol bawahnya dianggap mencantumkan logo yang sepintas tampak mirip lafaz Allah dalam Bahasa Arab. Hal ini dinilai berpotensi menyinggung umat Islam di seluruh dunia yang merasa dilecehkan. Terbukti, petisi Change.org, telah mengumpulkan lebih dari 10.000 tanda tangan dalam dua minggu, mengatakan bahwa logo itu menyerupai “Allah,” kata Arab untuk Tuhan, yang ditulis dalam aksara Arab.

Saiqa Noreen, yang meluncurkan petisi, menyatakan kekhawatirannya bahwa logo itu “pasti akan diinjak-injak, ditendang, dan menjadi kotor dengan lumpur atau bahkan kotoran.”

“Sangat keterlaluan dan mengerikan bagi Nike untuk mengizinkan nama Tuhan dipakai di sepatu,” tulis Noreen. “Ini tidak sopan dan sangat menyinggung Muslim dan menghina Islam.”

Menanggapi hujatan tersebut, seorang juru bicara Nike mengatakan bahwa logo itu adalah semata-mata versi “gaul” dari merek dagang Air Max.

“Nike menghormati semua agama dan kami memperhatikan hal ini dengan serius,” kata juru bicara itu. “Logo AIR MAX dirancang untuk menjadi representasi bergaya dari merek dagang AIR MAX Nike. Ini dimaksudkan untuk mencerminkan merek AIR MAX saja. Makna atau representasi yang dipersepsikan lain dari itu, sudah barang tentu itu tidak kami sengaja,” tegasnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *