Satu Islam Untuk Semua

Friday, 23 October 2020

Syekh Muhammad Adnan al-Afyouni, Mufti Damaskus-Suriah, Syahid dalam Serangan Bom Teroris


islamindonesia.id – Syekh Muhammad Adnan al-Afyouni, Mufti Damaskus-Suriah, Syahid dalam Serangan Bom Teroris

Syekh Muhammad Adnan al-Afyouni, Mufti Damaskus-Suriah dan Ketua Dewan Rekonsiliasi Nasional Suriah, dikabarkan telah wafat akibat serangan bom teroris.

Berita tersebut disampaikan oleh Lion Fikyanto, sekretaris Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Suriah melalui akun Facebook-nya (23/10), yang mengatakan, “Baru selesai demisioner langsung dapet kabar beliau Mufti Damaskus, Syekh Adnan Afyuni syahid karena bom terroris di distrik Qudsiyya, Damaskus, Suriah.”

Lion menambahkan, “Beliau adalah salah satu dewan Rekonsiliasi Nasional yang mendamaikan konflik di Suriah. Mohon doa Alfatihah.”

Foto: Lion Fikyanto
Foto: Lion Fikyanto

Dalam rilis berita dari Syrian Arab News Agency (SANA), Kantor Berita Resmi Suriah, dikatakan, “Syekh Adnan al-Afyouni mufti dari Damaskus dan daerah pinggirannya, menjadi martir setelah teroris membom mobilnya di kota Qudsaya, Damaskus.”

SANA juga menambahkan bahwa “alat peledak” dipasang di mobil almarhum. Namun sampai berita ini diturunkan, SANA belum menjelaskan secara rinci kelompok mana yang bertanggungjawab atas pembunuhan tersebut.

Sementara itu, Najih Ramadhan, Sekjen Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami), juga membenarkan berita tersebut. “Inna lillahi wa inna ilayhi rojiun…. Telah syahid guru kami, Syeikh Muhammad Adnan al-Afyouni, di Qudsia Provinsi Damaskus. Syahidnya beliau menambah daftar panjang ulama yang diserang secara keji oleh teroris yang mengatasnamakan Islam,” kata Najih dalam akun Facebook-nya (23/10).

“Syahidnya beliau mengingatkan pada kita bahwa perjuangan melawan radikalisme dan terorisme masih panjang. Perlawanan terhadap Khawarij dan turunannya adalah jalan hidup para ulama, dari generasi sahabat hingga periode kita sekarang ini,” pungkas Najih.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Lion Fikyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *