Satu Islam Untuk Semua

Monday, 03 April 2017

Survei: Lebih 70 % Pemilih Pilkada DKI Jakarta Toleran


Survei Lebih 70 % Pemilih Pilkada DKI Jakarta Toleran

islamindonesia.id – Survei: Lebih 70 %  Pemilih Pilkada DKI Jakarta Toleran

 

Lembaga survei Sinergi Data Indonesia (SDI) dalam rilis terbarunya menyebutkan bahwa 70,14 persen pemilih di DKI memiliki toleransi tinggi (toleran) dan yang memiliki toleransi rendah (intoleran) sebanyak 29,86 persen.

Direktur SDI M Barkah Pattimahu kepada pers di Jakarta, Minggu (2/4/2017), mengatakan, kriteria yang toleran yaitu hidup bertetangga dengan berbeda agama, mengucapkan selamat atas perayaan hari besar agama lain, perayaan dan ritual keagamaan di lingkungan tempat tinggal, menyikapi perbedaan agama dalam keluarga, serta pandangan perbedaan pendapat tentang agama.

Survei SDI dilaksanakan pada 10-17 Mei 2017 dengan responden sebanyak 600 orang, metode multistage random sampling, tingkat kesalahan sekitar 4,08 persen dan menggunakan instrumen kuesioner, tatap muka dan wawancara kepada responden.

Survei menemukan, pemilih Jakarta sebagian besar adalam pemilih rasional (cerdas) sebanyak 50,20 persen responden, pemilih sosiologis 31,20 persen responden, pemilih psikologis 17 persen responden dan yang tidak menjawab 1,60 persen responden.

Barkah juga menjelaskan, terdapat “swing voters” 17,94 persen suara akan menentukan kedua cagub pada pemilihan putaran II, 19 April 2017. Basuki-Djarot akan mengandalkan program dan capaiannya, serta berpotensi meraih pemilih rasional dan toleran, sementara Anies-Sandi akan meraih suara dari pemilih sosiologis.

“Sisa dua minggu masa kampanye putaran dua, pasangan cagub harus tampil maksimal, khususnya saat acara debat kandidat pada 12 April 2017 sebagai arena pertarungan gagasan untuk meyakinkan pemilih toleran dan rasional,” pungkasnya.

Penanggap diskusi dosen FISIP UI Aditya Perdana mengatakan, debat kandidat pada 12 April 2017 akan menentukan siapa yang akan memperoleh suara terbanyak pada pilgub DKI Jakarta putaran II.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *