Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 11 February 2018

Suriah Tembak Jatuh F-16 Israel


170907102349-israel-f-16-jet-file-super-169

islamindonesia.id – Suriah Tembak Jatuh F-16 Israel

 

Dilansir oleh CNN, Sebuah pesawat jet tempur F-16 milik Israel jatuh pada hari Sabtu (10/2) di utara Israel setelah digempur oleh senjata anti pesawat tempur milik pasukan Suriah. Insiden tersebut terjadi setelah helikopter tempur Israel berhasil mencegat sebuah pesawat udara nirawak milik Iran yang diluncurkan dari Suriah, kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Menurut IDF, kedua pilot pengendara F-16 Israel tersebut selamat, walaupun salah satunya terluka parah akibat evakuasi darurat. Setelah pesawat jatuh, pasukan Israel kemudian menyerang 12 sasaran di Suriah, termasuk tiga baris pertahanan udara dan empat sasaran yang diidentifikasikan milik Iran, kata IDF.

Sisa-sisa pesawat F-16 milik Israel yang jatuh. Photo diambil di utara Israel pada Sabtu (10/2). Photo: AFP/Jack Guez

Sisa-sisa pesawat F-16 milik Israel yang jatuh. Photo diambil di utara Israel pada Sabtu (10/2). Photo: AFP/Jack Guez

IDF mengeluarkan pernyataan bahwa keempat target milik Iran tersebut merupakan “bagian dari pembentukan militer Iran di Suriah.” Kesimpulan dari pernyataan tersebut adalah: “IDF akan bertindak secara tegas melawan pelanggaran berat terhadap kedaulatan Israel oleh Iran dan Suriah dan akan terus bertindak seperlunya.” Danny Danon, duta besar Israel untuk PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk tindakan Iran dan menghentikan “provokasinya”.

Sementara itu, Kantor Berita Arab Suriah (SANA) melaporkan bahwa pasukan pertahanan udara Suriah pada hari Sabtu telah merespon apa yang mereka sebut sebagai “agresi” Israel terhadap sebuah pangkalan militer Suriah oleh jet-jet Israel. Pihak Suriah mengatakan bahwa mereka telah berhasil menembak lebih dari satu pesawat tempur Israel. “Pasukan musuh Israel pagi hari saat terbit melakukan agresi baru terhadap salah satu pangkalan militer di kawasan pusat,” kata SANA, mengutip sebuah sumber militer.

Juru bicara IDF Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa salah satu pesawat Israel jatuh, dan semua yang lainnya kembali dengan selamat ke markas. Penyebab kecelakaan F-16 sedang diselidiki, kata Conricus, dia menambahkan, bahwa IDF belum menentukan apakah F-16 tersebut jatuh karena serangan senjata anti pesawat tempur milik pasukan Suriah atau bukan.

 

Tanggapan Iran

Mengenai pernyataan oleh Israel tentang pesawat nirawak Iran, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran Bahram Qassemi pada hari Sabtu mengatakan, “terlalu konyol untuk ditanggapi,” sebagaimana dikutip oleh Press TV .

“Republik Islam Iran hadir sebagai penasihat di Suriah atas permintaan pemerintah negara yang sah dan konstitusional,” kata Qassemi. “Pemerintah dan tentara Suriah sebagai negara merdeka memiliki hak yang sah untuk mempertahankan integritas wilayah dan melawan segala jenis agresi asing.”

 

Tanggapan Rusia

Sementara itu, Kemenlu Rusia mengatakan bahwa, “perkembangan terakhir dan serangan terhadap Suriah dilihat dengan perhatian yang serius,” dan bahwa kerugian Suriah dan kerusakan akibatnya sedang dalam proses investigasi.

“Kami mendesak semua pihak yang terlibat untuk menahan diri dan menghindari tindakan yang dapat menyebabkan komplikasi situasi yang lebih besar lagi,” kata Kemenlu Rusia. “Kami menganggap perlu untuk menghormati tanpa syarat kedaulatan dan integritas teritorial Suriah dan negara-negara lain di kawasan ini.”

Sebelumnya Rusia diketahui memberikan dukungan militer yang signifikan kepada pemerintah Suriah.

PH/IslamIndonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *