Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 12 August 2015

Stres, Gelisah, Cemas Berlebih? Bertahajudlah!


WP-tahajud-tanpa-kantuk-Fotolia

Shalat tahajud ialah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari setelah shalat Isya’ dan sebelum subuh. Shalat ini kadang disebut shalat al-layl.

Anjuran agar Muslimin bertahajud terdapat dalam Al-Quran, Surah Al- Isra ayat 79:

Dan pada sebagian malam hari Shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadat tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Akhir-akhir ini marak orang, terutama di kota-kota besar utamanya, yang membicarakan dan mempraktikkan meditasi sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai persoalan hidup. Ini tidak hanya di negara-negara Timur, tetapi juga berkembang di Barat. Misalnya Zen Mediation, Transcendential Mediation, dan Yoga.

Beberapa penelitian mencoba untuk melihat seberapa besar pengaruh meditasi dan yoga terhadap gelombang-gelombang otak atau EEG (electro-encyphalograpich), yaitu dengan jalan membandingkan sebelum dan sesudah  meditasi. Hasilnya menunjukkan bahwa memang ada perubahan atau perbedaan gelombang-gelombang otak antara sebelum melakukan meditasi dan sesudah meditasi atau yoga. Yaitu setelah meditasi otak lebih banyak mengeluarkan gelombang-gelombang alfa yang berhubungan dengan ketenangan atau kondisi relaks. (Tart, 1972)

Shalat pun memiliki efek seperti meditasi atau yoga bila dijalankan dengan benar dan khusyuk.

Allah berfirman:
Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (QS. Al-Muzammil: 6)

Dalam kondisi khusyuk seseorang hanya akan mengingat Allah bukan mengingat yang lain. Kondisi inilah yang menurut Djamaludin Ancok (1989) mirip dengan meditasi atau yoga. Sedangkan Mohammad Sholeh, dalam disertasinya yang berjudul “Pengaruh Shalat Tahajud Terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imunologik”, mengatakan: “Shalat tahajud mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga dapat digunakan sebagai coping mechanism atau pereda stres yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secara natural.”

Shalat tahajud yang dilakukan dengan khusyuk bisa mendatangkan ketenangan. Sedangkan ketenangan itu sendiri terbukti mampu meningkatkan ketahanan tubuh secara imunologi, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, dan meningkatkan usia harapan hidup.

SB/berbagai sumber. Foto: aquila-style.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *