Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 19 December 2017

STAIN Metro Resmi Jadi IAIN, Wakil Rektor: Bukan Sekedar Perubahan Kuantitas


800px-Gedung_Rektorat_STAIN_Jurai_Siwo_Metro

islamindonesia.id – STAIN Metro Resmi Jadi IAIN, Wakil Rektor: Bukan Sekedar Perubahan Kuantitas

 

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan meresmikan alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro, Selasa (19/12/2017).
Rektor IAIN Metro Enizar menyatakan acara pe­resmian tersebut akan berlangsung di kampus I IAIN Metro, Jalan Ki Hajar Dewantara 15A, Metro Timur, dan Kampus 2 di Banjarrejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Dia mengatakan alih status STAIN Jurai Siwo Metro ke IAIN Jurai Siwo Metro sudah diajukan sejak 2010. Hal ini sudah dirintis sejak masa kepemimpinan Syaripudin. Akhirnya, pada kepemimpinannya alih status ini bisa terwujud pada 2016.

Hal itu setelah dikeluarkan Peraturan Presiden No. 71/2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 1 Agustus 2016. Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu 3 Agustus 2016, oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Wakil Rektor I Suhairi mengatakan setelah diresmikan seiring perubahan statusnya, harus ada upaya perbaikan, pembenahan dalam semua aspek. Semua pihak, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa harus memiliki komitmen yang sama.

“Selain perubahan secara kuantitas, perubahan harus pula diiringi penambahan dan peningkatan secara kualitas. Kebersamaan, komitmen, dan dedikasi semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut harus bisa terwujud,” kata dia.

Wakil Rektor II Mukhtar Hadi menyatakan transformasi kelembagaan sebuah perguruan tinggi bukan saja sekadar transformasi struktur birokrasi, melainkan juga transformasi akademik dan transformasi budaya menuju kultur lebih baik.

“IAIN Metro harus menerjemahkan transformasi akademik ini ke ranah praktis sehingga menjadi perguruan tinggi keagamaan Islam yang menjadi pusat keunggulan (center of excellence) bagi kajian-kajian keislaman dan keindonesiaan,” ujarnya.

Wakil Rektor III Ida Umami berharap IAIN Metro mampu menjadi lembaga yang lebih bermanfaat dan bermartabat. ”Serta mampu mengemban visi dan misi pendidikan keumatan melalui pelayanan merakyat berstandar internasional,” kata dia.

 

 

YS/ IslamIndonesia/ Sumber: lampost.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *