Satu Islam Untuk Semua

Friday, 22 July 2016

SOROTAN–Tiap Pekan, 100 Militan Asing Masuk Suriah lewat Turki


whrk10

Islamindonesia.id–Tiap Pekan, 100 Militan Asing Masuk Suriah lewat Turki

gambar-suriah

Gambar diambil dari perbatasan Turki-Suriah dekat Kilis pada 7 Mei 2016, asap mengepul merupakan sasaran teroris ISIS dibom di pinggir perbatasan Suriah. (AFP)

Narasumber harian Prancis Le Figaro, Rabu (20/7) menuturkan bahwa menurut “Direktorat Intelijen Militer (DRM) di Paris, setiap pekan, sekitar 100 militan asing merangsek masuk Suriah melalui Turki” untuk bergabung dengan ISIS.

Pada (17/7), Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Marc Ayrault ditanya tentang kemungkinan Turki sebagai sekutu dalam melawan ISIS. Pertanyaan tersebut merupakan tema yang akan dibahas pada pertemuan puncak koalisi anti-terorisme yang akan diselenggarakan di AS.

Turki dituding sebagai salah satu penyokong utama kelompok militan di Suriah. Tudingan tersebut berasal dari laporan yang menyebut Ankara secara aktif melatih dan mempersenjatai unsur-unsur takfiri di sana. Tidak hanya itu, Turki juga memudahkan jalan memasuki Suriah yang pecah belah akibat perang ini.

Ankara juga dituding membeli minyak yang diselundupkan secara ilegal dari ISIS.

Staf khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, memperkirakan lebih dari 400 ribu orang telah terbunuh dalam konflik berkepanjangan selama 5 tahun di Suriah ini.

PBB sendiri telah menghentikan perhitungan resmi atas jumlah korban di Suriah mengingat ketidakmampuan mereka memverifikasi data yang diterima dari berbagai sumber.

 

Tom/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *