Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 29 March 2017

Soal Rencana Aksi Damai 313, Wiranto: Asal Tertib dan Penuhi Aturan, Boleh Saja


Soal Rencana Aksi Damai 313, Wiranto Asal Tertib dan Penuhi Aturan, Boleh Saja

islamindonesia.id – Soal Rencana Aksi Damai 313, Wiranto: Asal Tertib dan Penuhi Aturan, Boleh Saja

 

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto ‎menilai, rencana aksi 313 yang akan dilakukan kalangan umat Islam sudah beredar di media sosial (medsos).

Bahkan dia mendengar di medsos ‎bahwa akan ada aksi besar-besaran. “Sehingga rakyat yang baca medsos khawatir. Tapi begini, demokrasi kan boleh ya di negara ini,” ujar Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Menurut Wiranto, aksi 313 dibolehkan secara demokrasi. Namun aksi tersebut haruslah sesuai aturan seperti izin aksi, tema yang diusung para demonstran.

“Pada saat izin diberikan dan kemudian demo dilaksanakan dengan tertib dan mematuhi aturan, itu ya enggak ada masalah. Toh hari-hari kita ada demonstrasi,” ucapnya.

Selain itu, Wiranto berharap aksi demonstrasi tak menakut-nakuti masyarakat. Sehingga aksi tersebut berpotensi menimbulkan kerugian di masyarakat. Menurutnya, sejauh ini aspirasi atau tuntutan pendemo sudah dilaksanakan oleh pemerintah.

‎”Biar ditampung oleh lembaga yang memang di demo kan begitu. Tapi yang saya minta, agar pendemo betul-betul ikut aturan yang ditetapkan aparat keamanan yaitu kepolisian. Dan harus minta izin, jangan sampai tidak minta izin,” pungkasnya.

Sikap pemerintah, yang dalam hal ini disuarakan Menko Polhukan Wiranto, berbeda dari Ketum PBNU yang justru menyerukan agar umat Islam tak lagi mengulang demonstrasi besar, seperti Aksi 212 yang sebelumnya pernah dilakukan. Alasannya, aksi semacam itu hanya akan merugikan umat Islam dari sisi pikiran, waktu, tenaga dan biaya.

[Baca: Ketum PBNU Tak Setuju Umat Islam Gelar Aksi 313]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *