Satu Islam Untuk Semua

Monday, 15 July 2013

Snowden Bisa Hancurkan Reputasi AS Dalam Semenit


Burunan nomor satu Pemerintah Amerika Serikat (AS) saat ini, Edward Snowden mempunyai sejumlah data terkait “kebobrokan” pemerintah Amerika Serikat. Namun sang buronan pembocor data intelijen ini sementara memilih untuk tidak menyiarkannya. Demikian pernyataan Glenn Greenwald, seorang wartawan yang pertama kali mewawancarai Snowden, seperti dilansir AFP pada Senin (15/7).

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Argentina, La Nacion, Greenwald meyebut Snowden hanya ingin mengingatkan orang akan informasi yang seharusnya pribadi namun telah dieksploitasi dinas intelijen AS.

“Snowden punya cukup informasi yang bisa lebih jauh merusakkan pemerintah AS dalam satu menit dibandingkan dengan siapa pun yang pernah melakukannya dalam sejarah Amerika Serikat,” kata Greenwald. “Tapi itu bukan tujuannya.”

Nasib Snowden menjadi tidak jelas ketika Pemerintah AS mencabut paspor miliknya. Pasca pencabutan tersebut, ia lantas tertahan di Bandara Sheremetyevo, Moskow. Jumat (12/7), kepada beberapa aktivis HAM Rusia yang tengah mengunjunginya, Snowden menyatakan minatnya  meminta suaka  kembali kepada Rusia hingga dia aman pergi ke Amerika Latin yang akan menjadi tempat penampungan permanennya.

Sebelumnya, Snowden menarik permohonan suakanya ke Rusia awal bulan ini usai Presiden Rusia Vladimir Putin  memberinya syarat: Snowden harus berhenti menyiarkan isi dokumen yang mempermalukan AS bila ingin mendapat suaka di Rusia.

Atas kemungkinan itu, Pemerintah AS langsung bereaksi keras. “Memberi platform propaganda kepada Snowden sama halnya dengan menentang deklarasi pemerintah Rusia sebelumnya mengenai netralitas Rusia,” ujar Jay Carney, juru bicara Gedung Putih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *