Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 03 November 2015

‘Situasi Sinai sepenuhnya Terkendali’


PX*2450139

Situasi keamanan di Sinai sepenuhnya terkendali, kata Presiden Mesir, mencoba meyakinkan dunia setelah sayap Islamic States di Mesir mengklaim mendalangi serangan atas pesawat sipil Rusia yang melintas di kawasan itu pekan lalu. 

“Percayalah pada saya, situasi di Sinai sepenuhnya terkendali,” kata Presiden Abdul Fattah al-Sisi seperti dilansir BBC, Rabu. 

Menurut Sisi, klaim ISIS cabang Sinai itu tak lebih dari propaganda kosong. “Ini adalah satu cara untuk merusak stabilitas keamanan serta citra Mesir,” katanya. 

Pernyataan Sisi itu muncul berselang hari setelah Direktur Intelijen Nasional Amerika, James Clapper, menyatakan belum ada bukti langsung yang mendukung klaim ISIS berada serangan atas maskapai Kogalymavia yang menewaskan 224 orang di Semenajung Sinai, Sabtu. “Kami tidak punya bukti langsung apa pun mengenai keterlibatan teroris mana pun,” katanya. 

Kalangan analis berpendapat fakta puing pesawat dan jenazah yang terserak di wilayah yang sangat luas menunjukkan pesawat hancur saat masih berada di udara. 

Dalam satu tahun lebih terakhir, keamanan kerap sirna di wilayah Sinai di tengah gencarnya serangan kelompok militan pada pasukan Mesir. Puluhan tentara dan polisi Mesir tewas dalam serangan sporadis itu.

RR/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *