Satu Islam Untuk Semua

Friday, 05 January 2018

Singapura Larang Pemutaran Film Dokumenter Ahed Tamimi


Singapura Larang Pemutaran Film Dokumenter Ahed Tamimi

islamindonesia.id – Singapura Larang Pemutaran Film Dokumenter Ahed Tamimi

 

Otoritas terkait di Singapura melarang sebuah festival film untuk pemutaran film dokumenter tentang sosok Ahed Tamimi. Ahed Tamimi adalah gadis remaja Palestina yang dipenjara karena menampar tentara Israel.

Aktivis berumur 16 tahun itu kini jadi simbol perlawanan Palestina terhadap pendudukan militer Israel di Tepi Barat.

Pihak berwenang Singapura membenarkan larangan pemutaran film dokumenter berjudul “Radiance of Resistance” itu. Alasannya, film tersebut dianggap berpotensi memecah belah masyarakat Singapura yang multi-etnis.

Film dokumenter yang sejatinya memperlihatkan konflik Palestina-Israel melalui “mata” Ahed Tamimi dan seorang aktivis perempuan muda lainnya itu sedianya akan ditampilkan di Festival Film Palestina Singapura pada hari Kamis kemarin. Namun batal dilakukan akibat adanya larangan tersebut.

Padahal sebelumnya, film itu telah diputar di sejumlah festival film di seluruh dunia pada tahun 2017, bahkan berhasil memenangkan penghargaan kategori Dokumenter Terbaik di Respect Human Rights Film Festival di Belfast.

Film itu kemudian jadi sorotan setelah Ahed Tamimi ditangkap pasukan Israel bulan lalu. Gadis pemberani itu telah dikenai 12 dakwaan sekaligus oleh pengadilan Israel.

Hukum di Israel menyatakan bahwa orang dewasa yang terbukti bersalah karena menyerang seorang tentara bisa dipenjara sampai 10 tahun. Namun, gadis asal Desa Nabi Saleh, Tepi Barat, itu saat ini berusia 16 tahun atau masih di bawah umur dan hukuman maksimal seharusnya tidak berlaku padanya.

Lebih dari itu, apakah alasan pelarangan oleh Singapura ini dapat diterima? Bukankah penjajahan atas Palestina oleh Israel merupakan tragedi kemanusiaan universal yang selayaknya dikecam seluruh dunia? Atau benarkah keputusan itu dikeluarkan akibat adanya tekanan dari pihak Israel terhadap negeri jiran yang selama ini ditengarai sebagai ‘Israel Mini’ di Asia Tenggara karena kuat diduga sudah sejak lama terlibat hubungan gelap dengan rezim penjajah itu?

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *