Satu Islam Untuk Semua

Monday, 03 April 2017

Sinergi Kemenag-Pattani College Buka Peluang Santri Belajar Agribisnis ke Thailand  


islamindonesia.id – Sinergi Kemenag-Pattani College Buka Peluang Santri Belajar Agribisnis ke Thailand

 

Akses santri belajar agribisnis di Thailand semakin terbuka. Ini menyusul adanya inisiasi kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan Pattani College Thailand.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pendidikan Pesantren Ainur Rofiq usai menghadiri wisuda 12 santri Indonesia yang dikirim Kementerian Agama sejak 2014 untuk mengikuti pendidikan D3 Agribisnis di di Pattani Fisheries and Agricultural Technology College, Pattani. Prosesi wisuda digelar pada Jumat 31 Maret 2017 lalu di Distrik Nongchik, Pattani, Thailand.

Hadir juga dalam kesempatan ini Konsul RI Songkhla Tri Yogo bersama atase Pendidikan Wenny. Selepas wisuda, mereka akan melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Rajamangala University of Tecnology Srivijaya, Thung Yai District, Nakhon Si Thammarat 80240, Thailand.

Menurut Rofiq, Direktur Pattani College Preecha Watasart dalam sambutannya menawarkan kerjasama exchange program untuk diploma pertanian bagi santri pondok pesantren. Lembaga tersebut siap menerima 20 pelajar Indonesia setiap tahun yang sudah terseleksi untuk belajar selama satu tahun di kampusnya.

“Disini mereka bisa belajar agrikultur, fish processing, atau fishery. Selanjutnya mereka bisa menyelesaikan studi lanjutannya di Tanah Air,” kata Rofiq, Senin (3/4/2017).

Pengiriman santri Indoensia untuk belajar agribisnis di Thailand merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Southern Border Provincial Administrative Center (SBPAC) sejak 2014. SBPAC merupakan badan khusus yang dibentuk Pemerintah Thaiand untuk mengelola beberapa Provinsi di Thaliand Selatan yang berbatasan dengan Malaysia.

Selama belajar di Thailand, lanjut Rofiq, para santri memperoleh prestasi membanggakan. Mereka berhasil meraih medali emas dan perak dalam perlombaan yang diadakan organisasi pelajar Thailand, Future Farmer of Thailand (FFT) di provinsi Tak Thailand Utara.

“Santri Indonesia memang tidak hanya pandai mengaji, tapi ternyata juga bisa menguasai ilmu agribinis,” papar Rofiq.

“Buktinya, mereka langsung diterima di Universitas untuk melanjutkan ke jenjang S1,” tambahnya.

Wisudawan santri putri Izza Nur Layla mengungkapkan kebahagiannya telah lulus di Kampus ini. Izza adalah satu-satunya santri putri peserta program ini. Dia mengaku bercita cita megembangkan agribisnis organik setamat dari universitas kelak.

Santri asal Pesantren Nurul Islam Jember ini mengaku prihatin dengan banyaknya pengangguran di Indonesia. Karennaya, ia hendak mengembangkan bisnis organik agar bisa menciptakan lapangan kerja.

Konsul RI Songkhla Tri Yogo mengatakan, minat warga muslim Thailand Selatan untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia sangat tinggi. “Setiap tahun sekitar dua ribu warga Thailand Selatan pergi ke Indonesia untuk belajar,” ujarnya.

Ia berharap Kemenag terus meningkatkan kerjasama dan serta koordinasi dengan Konsul sehingga lebih banyak lagi warga yang bisa dilayani.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *