Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 24 February 2018

Sinergi Kemenag – Kedubes Australia Tingkatkan Mutu Guru Madrasah


islamindonesia.id – Sinergi Kemenag – Kedubes Australia Tingkatkan Mutu Guru Madrasah

 

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama menjalin kerja sama dengan Inovasi atau Innovation for Indonesia’s School Children dalam meningkatkan kualitas guru madrasah.

Inovasi adalah lembaga di bawah Kedutaan Besar Australia yang fokus terhadap pendidikan anak Indonesia.

“Kerja sama sebagai langkah percepatan peningkatan kualitas guru madrasah yang terstruktur dan masif,” kata Direktur GTK Suyitno di Jakarta dalam keterangan tertulis, Jumat (23/2/2018).

Menurut Suyitno, saat ini Inovasi baru mencurahan perhatian di beberapa sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan proyek percontohan di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara dan Jawa Timur.

“Ke depan kita berharap agar cakupannya diperluas ke beberapa Madrasah,” harap Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang itu.

Menurutnya, kondisi pembelajaran di Indonesia belum sepenuhnya merata kualitasnya. Hal ini mendorong Inovasi untuk memberikan perhatian secara nyata terhadap pendidikan Indonesia.

Pada tahap awal, fokus Inovasi antara lain terhadap pendampingan pendidikan tingkat dasar khususnya pada aspek literasi dan inklusi.

“Hal ini juga yang mendasari Kemenag terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sebagai alternatif dan model baru di tengah anggaran yang terbatas,” imbuhnya.

Menurut Suyitno, Direktur Program Inovasi Mark Oliver Heyward menyambut baik niat Direktorat GTK Madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, khususnya di Madrasah.

“Mark berjanji akan mensinergikan program Inovasi, terutama fasilitasi modul dan tenaga expert bagi KKG/MGMP Madrasah,” tutupnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *