Satu Islam Untuk Semua

Monday, 19 March 2018

Sikapi Impor Beras, Muhammadiyah Bentuk Jemaah Tani Berkemajuan


sawah

islamindonesia.id – Sikapi Impor Beras, Muhammadiyah Bentuk Jemaah Tani Berkemajuan

 

Presiden Joko Widodo meluncurkan wacana impor beras sebanyak 500.000 ton yang digulirkan pada Januari silam, Minggu (18/3/2018). Jokowi mengatakan kebijakan ini diambil lantaran cadangan beras pangan Indonesia tengah menipis.

Mengkritisi hal tersebut, Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar acara Rakornas dan Rembug Tani Berkemajuan yang diadakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta, 16 hingga 18 Maret 2018.

Dengan tema pertanian, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Marpuji Ali mengatakan peran Muhammadiyah sangat penting dalam memberikan sumbangsih kepada negeri ini.

“Muhammadiyah sangat besar perannya dalam memberikan kontribusi bagi negeri ini. Semisal dahulu terdapat isu kekurangan beras, kini yang terakhir adalah kekurangan garam”, ujarnya.

Marpuji juga mengatakan pentingnya keberpihakan dalam mengambil kebijakan.

“Mengayomi dan melindungi petani dari negeri sendiri itu penting, karena jika tidak ada keberpihakan maka akan ada yang dirugikan”, tuturnya menambahkan.

Ketua PP Muh tersebut juga mengutarakan harapannya setelah diadakannya acara ini.

“Semoga dengan dibentuknya jamaah petani berkemajuan, tidak ada kesulitan dalam pertanian lagi”, tutupnya.

Sementara, Muhammad Yamin selaku Ketua MPM mengatakan ‘Jamaah Tani Muhammadiyah’ sebagai wujud kedaulatan pangan secara berjamaah.

Selain itu, juga mendorong gerakan kembali bertani untuk generasi petani masa depan yang lebih baik dengan melakukan usaha penyediaan pangan secara komprehensif dari hulu hingga hilir, responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian sebagai ciri pertanian berkemajuan.

“MPM PP Muhammadiyah akan meminta kepada pemerintah untuk membuat kebijakan yang pro petani dan pertanian Indonesia untuk kemakmuran dan pemberdayaan petani”, ujar Yamin.

 

 

 

 

 

YS/IslamIndonesia/Sumber: Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *