Satu Islam Untuk Semua

Monday, 31 October 2016

Sikapi Demo 4 November, Majelis Rasulullah Kembali Ingatkan Pesan Habib Umar bin Hafidz


sikapi-demo-4-november-majelis-rasulullah-kembali-ingatkan-pesan-habib-umar-bin-hafidz

islamindonesia.id — Sikapi Demo 4 November, Majelis Rasulullah Kembali Ingatkan Pesan Habib Umar bin Hafidz

 

Dalam hitungan 4×24 jam ke depan menjelang hari H aksi demo 4 November, markas besar Muhammadiyah hari ini menyatakan mengikuti ‘jalan NU’ dalam menyikapi rencana demonstrasi akbar yang diinisiasi oleh Gerakan Nasional Pendukung Fatwa (GNPF) MUI.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau agar tidak membawa atribut Muhammadiyah dalam aksi itu.

“Jangan membawa atribut Muhammadiyah karena mereka datang selaku warga negara,” kata Haedar, Minggu (30/10/2016).

Sehari sebelumnya, Ketua PBNU Bidang Hukum Robikin Emhas mengatakan, PBNU mengimbau seluruh elemen bangsa mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, aksi unjuk rasa terkait pernyataan Ahok soal Al Maidah ayat 51 beberapa waktu lalu, hendaknya bisa berlangsung tertib dan kondusif demi tetap menjaga suasana sejuk dan damai di Ibu Kota.

“PBNU sangat berharap seluruh elemen bangsa menjaga dan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita jadikan kebhinekaan yang ada sebagai kekuatan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi. Untuk itu kami sangat berharap semua pihak menciptakan situasi yang kondusif, tidak melakukan langkah yang berpotensi dapat memecah belah umat,” kata Robikin, Sabtu (29/10/2016).

“NU melarang penggunaan atribut-atribut, lambang-lambang NU dan sejenisnya untuk dipakai dalam aksi tersebut,” katanya.

Jejak NU dan Muhammadiyah sebagai dua ormas Islam terbesar di Indonesia dalam menyikapi Gerakan Nasional Pendukung Fatwa (GNPF) MUI, tampaknya diikuti banyak pihak. Sebut saja salah satunya, Majelis Rasulullah SAW. Majelis taklim ternama Ibu Kota dengan jumlah anggota mencapai ratusan ribu orang ini, pada akhirnya juga bersikap terhadap rencana digelarnya aksi massa bertajuk Membela Islam jilid II pada 4 November mendatang itu. Hal ini mengemuka terutama setelah kehadiran Habib Umar bin Hafidz beberapa waktu lalu ke Indonesia. Seperti diketahui, Habib Umar, merupakan guru spiritual almarhum Habib Munzir Almusawa, yang biasa disapa dengan julukan Guru Mulia oleh pimpinan Majelis Rasulullah SAW tersebut.

Bersamaan dengan itu, viral di media sosial seruan almarhum Habib Munzir Almusawa yang semasa hidupnya pernah mengingatkan jamaahnya terkait makin semaraknya perpecahan di kalangan kaum Muslimin dan pesan dari Habib Umar untuk tidak melibatkan diri dalam demo berbentuk apapun, yang potensial dapat makin memanaskan suasana perpecahan itu.

Pernyataan inilah yang kemudian ditafsirkan oleh banyak orang sebagai himbauan atau lebih tepatnya larangan bagi umat Islam di Indonesia, khususnya anggota jamaah Majelis Rasulullah SAW ikut terlibat dalam demo 4 November.

“Hadirin-hadirat yang dimuliakan Allah. Sebelum saya akhiri majelis ini dengan munajat, saya ingin menyampaikan tentang semakin semaraknya perpecahan antara Muslimin. Di sini kita mendapatkan perintah dari Guru Mulia kita al-Hafidz al-Musnid al-Habib Umar bin Hafidz, untuk tidak melibatkan diri dalam demo. Apakah demo damai atau demo anarkis, beliau mengatakan semua demo damai atau anarkis sama saja dan jangan dilakukan, karena itu akan memanaskan daripada perpecahan Muslimin. Jadi mereka yang berdemo silakan saja, tapi Majelis Rasulullah SAW mau menghindari,” demikian kutipan ceramah almarhum Habib Munzir yang belakangan menyebar di medsos dan grup-grup WA dan secara sepintas tampak kontekstual dengan apa yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia.

Selanjutnya, Habib Munzir menggarisbawahi ucapan Habib Umar yang menurutnya disampaikan untuk para ulama dan para kyai.

“Sampaikan pada kyai-kyai kita dan para ulama kita dan semua orang-orang yang mengenalku, katakan bahwa Umar mengatakan hal ini, untuk menarik diri, ‘la yatada’ul biha lil-amr’ mundur dari segala acara seperti itu. Tugas kita adalah ‘ittaqullah wa da’wah ilallah la ghaira dzalik’ tugas kita adalah taqwa kepada Allah dan memperluas dakwah Allah SWT., tidak lebih dari itu dari gerakan-gerakan Muslimin,” tambah Habib Munzir mengutip pesan Habib Umar bin Hafidz.

Di akhir ceramahnya, Habib Munzir pun kembali menekankan, “Demikian intruksi langsung dari beliau. Oleh sebab itu saya mohon hadirin-hadirat menahan diri untuk berangkat, acara apapun mengatasnamakan demo atau unjuk rasa. Jadi mereka yang akan berangkat saya harap jangan pakai atribut Majelis Rasulullah SAW., jangan sampai terlihat ada bendera Majelis Rasulullah SAW.”

 

EH / Islam Indonesia

7 responses to “Sikapi Demo 4 November, Majelis Rasulullah Kembali Ingatkan Pesan Habib Umar bin Hafidz”

  1. dede muharam says:

    majelis ini hanya takut pada pada dunia yaitu organisasinya, organisasinya akan hancur bila ikut demo, majelis ini tidak merasa khawatir umat islam akan terinjak-injak, majelis ini akan merasa khawatir bila organisasinya terinjak-injak…mana ukhuwahnya…

  2. dede muharam says:

    majelis ini hanya takut pada pada dunia yaitu organisasinya, organisasinya akan hancur bila ikut demo, majelis ini tidak khawatir tubuh umat islam akan diinjak-injak, majelis ini akan merasa khawatir bila organisasinya terinjak-injak….oh malulah pada sorbanmu

    • singo edan says:

      Dasar Dajjal

    • Ronny says:

      mohon maaf, kami Majelis Rasulullah memandang dan menghormati perbedaan..
      silahkan saja mau berdemo..
      tapi tidaklah pantas seorang Umat Rasulullah mencaci & menghujat sesama Muslim.tapi terima kasih, tetap kita anggap itu masukan.

  3. bani says:

    Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang shaleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.

    • Cinta Allah Benci Zalim says:

      Nabi Muhhamad SAW mempunyai seorang paman yang sangat disayanginya. meskipun sang paman adalah seorang yahudi. dan ingatlah akan ayat Al-Quran: janganlah karena ketidaksukaanmu terhadap suatu kaum, membimbing kamu berbuat tidak adil pada mereka.

  4. adzim says:

    majlis rosululloh mempunyai fatwa dan dalil tersendri mengenai demo dan jga yg berdemo dr kalangan ulama jga mempunyai fatwa dan dalil nya maka saya harap jgan memojok2 kan 1 sama lain …karna smua mempunyai alasan yg kuat sprti hal nya majlis rsulloh mengedapankan rahman rohim yaitu kasih syg dan kelembutan dan jga untuk ulama yg berdemo jga mempunyai alasan yg sgat baik dan menjaga islam shingga tdk gampang di injak2 oleh non muslim..jadi saya mohon smua kalangan jgan gampang di provokatori atau menjadi provokator ..intix smua nya adalah baik dan mempunyai fatwa dan dalil masing2 sesuai al quran dan hadis …trmksih..

  5. saif says:

    Kedamaian negeri dan persatuan bangsa harus lebih diutamakan daripada sekedar ribut-ribut soal penistaan agama yang nuansanya ditunggangi oleh unsur politik (pilkada)

  6. Copyright says:

    Kepada saudara2 seiman yang ingin berdemo tgl 4, Doa kami selalu bersamamu demi Allah dan Rosul nya juga keutuhan NKRI. Semua Mukmin berjuang dengan cara yang berbeda namun tujuan tetap sama. Salam Ta’dzim saya

  7. Yulius Topan says:

    Habib Munzir kan udh wafat.. bohong ini beritanya..Propaganda

  8. bagus says:

    Hati hati kawan.. Ini Trik jitu pilkada

  9. judika says:

    Mungkinkah ahok salah?? Tunggu saja sidangnya ,biar ahli bahasa ,ahli tafsir yang menentukan

  10. jusup says:

    akhirnya para pencinta kehancuran islam bersuka cita, karena negeri yang konon ceritanya paling besar umat islamnya Se Dunia itu sangat jelas mulai terlihat Per Pecah annya…

  11. abdul hakim arrashid says:

    BERITA INI HOAX, Hati2 dengan adu domba, Guru mulia tidak melarang berdemo. SILAHKAN LIHAT VIDEO Habib umar bin hafidz diistiqlal 31 Oktober 2016. Disitu beliau klarifikasi terkait semua isu bohong yg menyeret nama beliau. Terimakasih

  12. syamsul hadi says:

    ….ada yang tau nggak apa kafir sbenarnya dan seperti apa orangnya??? apakah di dalam islam itu ada orang kafir atau nggak….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *