Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 21 December 2019

Sikap NU dan Muhammadiyah soal Pengusiran Haddad Alwi


islamindonesia.id – Sikap NU dan Muhammadiyah soal Pengusiran Haddad Alwi

Video viral pengusiran terhadap penyanyi religi, Haddad Alwi menuai sorotan dari berbagai kalangan. Dua Ormas Islam terbesar di Indonesia yakni NU dan Muhammadiyah turut bersikap atas insiden itu.

Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini mengutuk keras para pelaku. Tidak berhenti di situ, pihaknya juga akan memberikan pembelaan advokasi kepada Haddad Alwi serta melaporkan kejadian ini ke polisi.

“Kita (akan) melaporkan ke polisi. Tentunya bisa melalui Polres Sukabumi. (Pelaporan) sedang diurus, saya sudah komunikasi dengan Haddad Alwi,” kata Helmy, seperi dilansir Detik, Jum’at (20/12).

Di sisi lain, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mempertanyakan keberadaan aparat keamanan saat peristiwa terjadi. Dia menyebut aparat keamanan seharusnya turun tangan ketika massa memaksa Haddad Alwi turun panggung. “Praktik-praktik main hakim sendiri seharusnya dihentikan oleh aparatur keamanan.” Tutur Abdul Mu’ti, Sabtu (21/12).

Insiden pengusiran bermula saat Haddad Alwi menghadiri undangan untuk mengisi acara haul ke-8 Habib Abdullah bin Zein Alatas di Sukabumi, Jawa Barat, Senin malam, (16/12). Tiba-tiba sekelompok massa memaksa Haddad Alwi turun panggung dan tidak mengizinkannya melanjutkan selawatan bersama warga Sukabumi. Kejadian itu sempat terekam dan videonya viral di media sosial.

Sementara itu, pengacara Haddad Alwi, Muannas Alaidid menyebut, sekelompok massa mengusir Haddad Alwi setelah menudingnya sebagai Syiah. Muannas juga menjelaskan saat itu kliennya diundang untuk membacakan shalawat. “Tiba-tiba diturunkan paksa dalam acara itu,” kata Muannas.

Ketua Umum Cyber Indonesia ini pun meminta polisi turun tangan. “Kalau persekusi ini berlanjut bisa mengancam kerukunan umat beragama dan memecah belah kesatuan dan persatuan. Bayangkan saja, ini satu agama, apalagi mereka yang beda agama,” tuturnya.

Malik/IslamIndonesia.id /Foto Utama: FB Haddad Alwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *