Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 08 July 2014

Seteguk Surga di Awal Magrib


Islam Indonesia

Bila Anda ingin merasakan kekayaan kuliner Jawa Timur, hari-hari selama bulan Ramadhan adalah waktu yang tempat. Di tempat manapun Anda berkunjung, selalu ada penganan lokal yang membetot selera. Harga bisa dipastikan murah-meriah. Redaksi Islam Indonesia mendaftar sepuluh panganan favorit Muslimin Jawa Timur setiap Ramadhan menjelang:

 

Es Degan

1. Es Degan

Minuman berbahan dasar kelapa muda ini menjadi pelepas dahaga puasa paling populer di jawa timur. Banyak orang mencampurnya dengan berbagai macam varian, seperti sirup untuk semakin mempercantik tampilan buah berwarna dasar putih ini. Penjual es degan memilih membuka lapak-lapak pinggir jalan untuk mempermudah pembeli, sedang yang lain memilih berjualan diatas pick up .

Petulo

2. Petulo

Makanan berbahan dasar tepung ketan ini berbentuk mirip seperti bihun, kemudian dicetak bundar lalu dikukus dan siram kuah santan manis. Makanan berkuah ini sering disantap setelah berbuka ataupun di waktu malam hari nya. Terkadang petulo juga disantap berbarengan dengan serabi dalam kuah yang sama.
Es Teler

3. Es Teler

Minuman berbahan dasar kelapa dan buah alpukat ini cukup terkenal pula dengan nama es teler 77 di wilayah surabaya. Minuman ini sangat mengenyangkan sebagai santapan berbuka karna banyaknya isi didalamnya, diantaranya kolang-kaling, mutiara, buah nangka serta susu kental manis.

Bubur Sumsum

4. Bubur Sumsum

Bubur yang berbahan dasar tepung beras ini cukup populer diantara bubur manis lainnya. Bubur yang hanya disiram kuah gula merah ini cocok bagi yang ingin mengakhirkan santap nasi mereka. Bubur ini cukup mengenyangkan namun tidak terlalu berat untuk disantap saat berbuka puasa.

Dawet

5. Dawet

Minuman yang juga terbuat dari tepung beras ini cukup populer di perbatasan madiun-ngawi. Rasanya manis yang berasal dari gula merah cair dan rasa santan yang gurih, cocok dipadukan dengan es batu semakin menambah kesegaran es berwarna hijau ini.

Selong

6. Selong

Kue yang berbentuk mirip surabi solo ini berbahan dasar tepung beras dan santan. Rasanya yang manis cocok dipasangkan dengan teh manis hangat sebagai menu berbuka puasa, semakin membuat kita akan rindu kampung halaman yang manis akan kenangan.

Seruntul

7. Seruntul

Minuman berwarna hitam pekat ini terasa mirip seperti agar-agar tanpa rasa. Seringkali ditambah air gula ataupun sirup untuk mempercantik penampilannya. Minuman yang konon berkhasiat tinggi ini cukup populer di hampir meja berbuka tiap rumah warga jawa timuran. Minuman ini juga dikenal dengan nama lain cincau.

Kucur

8. Kucur

Jajan basah ini cukup populer diantara jajan pasar lainnya sebagai santapan berbuka. Jajan manis ini diakui cukup sulit untuk dibuat, karna ketepatan saat mengaduk adonannya memerlukan keahlian khusus, sehingga dapat tersaji kue berwarna-warni cantik ini.

Setup Pisang

9. Setup Pisang

Makanan berbahan dasar pisang ini cukup populer sebagai santapan berbuka di wilayah madura. Kuahnya yang bening ditemani sebatang kayu manis membuat mata yang melihatnya tak sabar tuk menanti datangnya waktu maghrib. Cara membuatnya yang mudah semakin mempermudah penikmatnya untuk dapat menyantap tiap kali berbuka.

Es Campur

10. Es Campur

Es yang satu ini sepertinya cukup familiar ditelinga para penikmat santapan segar tuk berbuka. Campuran berbagai buah menambah pesona es bercampur susu dan sirop ini. Warna-warninya membuat penikmatnya membelakakkan mata tiap akan menyantapnya.

Kredit foto: Islam Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *