Satu Islam Untuk Semua

Monday, 25 November 2019

Seorang Muslimah Menuai Pujian Karena Membela Anak-Anak Yahudi


islamindonesia.id – Seorang Muslimah Menuai Pujian Karena Membela Anak-Anak Yahudi

Kepolisian Inggris menahan seorang pria setelah beredar video yang menunjukkan seorang penumpang kereta bawah tanah London mengeluarkan kata-kata yang diduga bernada melecehkan terhadap anak-anak Yahudi di kereta itu.

Dilansir dari BBC, polisi sejauh ini belum mengumumkan jati diri tersangka, tetapi hanya menyebutkan pria itu sekarang masih ditahan setelah dibekuk di Birmingham, kota berjarak sekitar 200 kilometer dari London. Dia ditahan atas tuduhan melakukan kekacauan umum bernada rasis.

Dalam video yang direkam oleh seorang penumpang, seorang pria membacakan isi Alkitab yang berhubungan dengan Yahudi kepada dua bocah laki-laki yang mengenakan kipah. Anak-anak itu bepergian bersama keluarga dengan menggunakan kereta bawah tanah di London.

Tampak pula dalam video, dilansir dari Ilmfeed, seorang Muslimah yang mengenakan jilbab, Asma Shuweikh, mengkonfrontasi terduga pelaku pada Jumat (22/11).

Tidak Bisa Tinggal Diam

Aksi berani Asma mendapat pujian luas dari masyarakat dan dalam wawancara dengan BBC dia mengatakan tidak “akan ragu-ragu untuk melakukannya” dan menginginkan lebih banyak orang turun tangan dalam peristiwa itu.

“Jika semua orang melakukannya, saya menduga itu tidak akan bereskalasi seperti itu,” ujarnya.

Ketika ditanya apa yang membuatnya memberanikan diri, padahal sebelumnya ada seorang pria yang mencoba melerai tapi diancam oleh pelaku, Asma mengaku tidak bisa tinggal diam, terutama karena sasarannya adalah anak-anak.

“Sebagai seorang ibu dari dua anak, saya paham bagaimana rasanya berada dalam situasi seperti itu dan saya menginginkan seseorang membantu jika saya menghadapi situasi seperti itu.”

“Ketika saya berbicara dengan anak tersebut saya berpikir, ‘tidak, saya harus mengatakan sesuatu. Sebagai seorang ibu dari dua anak, kejadian itu mengerikan, saya tidak bisa tinggal diam dan menonton apa yang terjadi.’.”

“Terus terang saya pikir itu adalah tugas saya sebagai ibu, sebagai Muslim yang taat, sebagai warga negara di negara ini, untuk mengatakan sesuatu,” tuturnya.

Seorang penumpang bernama Chris Atkins merekam pertengkaran itu di kereta bawah tanah jalur Northern Line sebelum bertukar tempat duduk dengan bocah yang berada di dekat pelaku.

Aksi Asma menuai berbagai pujian di media sosial, dan dia disebut-sebut sebagai pahlawan karena telah membela keluarga Yahudi tersebut.

PH/IslamIndonesia/Sumber: BBC/Foto Fitur: Chris Atkins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *