Satu Islam Untuk Semua

Monday, 20 September 2021

Sendok, Simbol Perlawanan Baru Rakyat Palestina Terhadap Israel


islamindonesia.id – Sendok, Simbol Perlawanan Baru Rakyat Palestina Terhadap Israel

Kaburnya enam tahanan Palestina dari penjara Israel dengan modal sendok, menginspirasi rakyat Palestina untuk menjadikan alat makan itu sebagai simbol perjuangan melawan Zionis.

Meskipun pasukan Israel bisa menangkap kembali keenam tahanan yang kabur itu, namun bagi masyarakat Palestina keberhasilan mereka menerobos penjagaan ketat penjara adalah sebuah kemenangan.

Di berbagai aksi unjuk rasa, warga Palestina kini mengacungkan sendok bersama bendera dan spanduk. Keenam tahanan itu menjadi bahan pembicaraan karena melakukan tindakan spektakuler yaitu membuat terowongan dengan peralatan seadanya, termasuk sendok.

Ketika enam tahanan politik Palestina melarikan diri pada 6 September 2021 dari penjara Gilboa dengan keamanan tinggi, jejaring sosial berbagi gambar terowongan di kaki wastafel dan lubang di luar.

Menurut pengacara salah satu warga Palestina yang ditangkap kembali, Mahmoud Abdullah al-Ardah, dia menggunakan sendok, piring, dan bahkan pegangan ketel untuk menggali terowongan dari selnya.

Dia mulai mencari jalan keluar dari institusi Israel utara pada bulan Desember, kata pengacara, Ruslan Mahajaneh, seperti dikutip Aljazeera, Minggu (19/9).

Di Tulkarem, sebuah kota di Tepi Barat yang diduduki Israel, pelarian itu membawa kembali kenangan bagi Ghassan Mahdawi. Dia dan tahanan lain melarikan diri dari penjara Israel pada tahun 1996 melalui terowongan yang digali bukan menggunakan peralatan dapur melainkan paku.

“Melarikan diri dari penjara Israel adalah sesuatu yang dipikirkan setiap narapidana,” kata Mahdawi, sebagaimana dilansir dari Tempo (20/9). Untuk melakukannya dengan sendok, tambahnya, adalah sesuatu yang “akan tertulis dalam sejarah”.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Jaafar Ashtiyeh/AFP via Getty Images

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *