Satu Islam Untuk Semua

Monday, 09 October 2017

Selain Jihad Makmurkan Rakyat, NU Tuntut Pemerintah Jihad Atasi Ketimpangan


islamindonesia.id – Selain Jihad Makmurkan Rakyat, NU Tuntut Pemerintah Jihad Atasi Ketimpangan

 

Sesuai rencana, Munas dan Konbes NU Tahun 2017 akan diselenggarakan di NTB pada 23-25 November mendatang, dengan tema “Menguatkan Nilai-nilai Kebangsaan Melalui Gerakan Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi Warga.” Namun sebelum hari-H, acara tersebut didahului dengan serangkaian Pramunas yang akan digelar di tiga tempat yaitu, Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Manad (Sulawesi Utara), dan Lampung.

NU menilai, persoalan ketimpangan telah menjadi ancaman nyata bagi persatuan dan kesatuan nasional. Kekayaan dimonopoli segelintir orang yang menguasai lahan, jumlah simpanan uang di bank, saham perusahaan, dan obligasi pemerintah.

“NU mendorong pemerintah berjihad mengatasi ketimpangan dengan menggalakkan pembangunan inklusif yang berorientasi memajukan kesejahteraan umum dan kemakmuran rakyat Indonesia,” kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj dalam siaran pers, Minggu (8/10/2017).

Diakui Said Aqil, meningkatnya ketimpangan akan mengancam sendi-sendi kebangsaan, karena di luar faktor paham keagamaan, ketimpangan ekonomi “Adalah lahan subur berseminya ekstremisme dan radikalisme.”

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *