Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 18 June 2017

Sekilas Info Mudik Sepekan Jelang Lebaran


islamindonesia.id – Sekilas Info Mudik Sepekan Jelang Lebaran

 

Hari Raya Idulfitri yang tinggal beberapa hari lagi, membuat sejumlah pihak melakukan persiapan guna menyambut para pemudik. Mulai dari membuka posko mudik, menyiapkan rest area, hingga memasang rambu larangan selfie yang sengaja disiapkan guna mengedepankan keselamatan para pemudik di jalur mudik yang akan dilalui.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan akan ada 11 rest area yang disediakan bagi para pemudik yang melewati ruas jalan tol fungsional Brebes Timur-Weleri 110 km. Beberapa fasilitas penunjang kenyamanan pemudik disediakan di rest area tersebut, seperti minimarket, toilet, mushola, dan berbagai fasilitas lainnya. Semua fasilitas tersebut disiapkan pihak PUPR guna melayani mudik 2017 agar berjalan dengan lebih baik.

Selain itu, fenomena Gerbang Tol (GT) Salatiga yang sempat viral karena dinobatkan sebagai GT terindah di Indonesia karena berlatar belakang Gunung Merbabu juga menjadi perhatian pihak terkait di daerah setempat. Dilaporkan bahwa PT Trans Marga Jateng telah memasang beberapa spanduk dan rambu peringatan, seperti spanduk larangan selfie di jalan tol. Spanduk ini dipasang di sekitar lima kilometer sebelum simpang susun Bawen dengan bunyi “Dilarang Berhenti dan Selfie di Jalan Tol”. Spanduk diharapkan mampu membuat para pemudik untuk tidak berhenti karena akan membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Petugas juga akan disiagakan untuk membantu menghalau pengguna jalan tol yang hendak berhenti di GT Salatiga.

Di lain tempat, guna menjamin keselamatan pemudik Polda Jawa Barat telah memetakan titik-titik kemacetan hingga rawan kecelakaan di sepanjang Jalur Pantura. Menurut informasi, ada 33 titik rawan kemacetan sepanjang Jalur Pantura Jawa Barat, khususnya dari enam wilayah di antaranya, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon kota dan kabupaten. Di daerah Karawang, titik kemacetan diperkirakan di Simpang Lamaran, Jalan Cicindes Selatan, Simpang Cikalong dan Jalan Raya Lebak-Jomin. Kemudian di Kabupaten Purwakarta, titik kemacetan terdapat di Simpang Cikopo, Simpang Sadang, Pasar Jumat, dan Jalan Bungasari. Untuk wilayah Subang, titik kemacetan berada di Pasar Ciasem, Simpang Blanakan, Pasar Pusaka, dan Patok Besi. Di wilayah Indramayu, titik kemacetan terdapat di Kandang Haur kilometer 76-77, Lohbener KM 62-63, Losarang KM 73-74, Pasar Karang Ampel dan Yogya Plaza.

Memasuki H-9 lebaran, iring-iringan sepeda motor dan mobil berpelat nomor polisi B, D, E, F, DA, dan BM tampak mulai melintas di jalur pantura Brebes – Tegal – Pemalang. Mereka berjalan beringan dengan pemudik lainnya. Meski demikian, dilaporkan iring-iringan kendaraan itu tak sampai membuat arus lalu lintas tersendat.

Sementara itu, beberapa titik rawan kemacetan terjadi di jalur pantura Kota Tegal dan Petarukan Pemalang. Karena di dua titik itu ada pasar dan pusat perbelanjaan.

Kondisi jalan pantura Brebes hingga Pemalang secara umum sudah baik dan hanya masih ada beberapa titik saja yang berlubang dan bergelombang.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *