Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 13 May 2017

Sambut Lawatan Perdana Trump, Saudi Siapkan Dana 914 Miliar  


Sambut Lawatan Perdana Trump, Saudi Siapkan Dana 914 Miliar

islamindonesia.id – Sambut Lawatan Perdana Trump, Saudi Siapkan Dana 914 Miliar

 

Lawatan kenegaraan perdana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke Arab Saudi yang dijadwalkan 19 Mei 2017 mendatang, akan disambut meriah bertabur kemewahan. Pemerintah Riyadh dilaporkan telah mengalokasikan dana 257 juta Riyal atau Rp 914 miliar untuk menyambut kunjungan presiden sekutu Saudi ini.

Nominal alokasi dana itu terungkap dari bocornya dokumen pemerintah Saudi yang dirilis The Riyadh Herald, yang dikutip Russia Today, Kamis (11/5/2017).

Saudi dipilih sebagai negara pertama yang dikunjungi Trump sejak menjabat sebagai presiden AS. Selain Saudi, Trump akan mengunjungi Israel dan Vatikan.

“Diplomasi kemewahan” bukan hal asing bagi pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebagaimana yang dijalani Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud saat lawatan ke negara-negara Asia termasuk Indonesia beberapa waktu lalu. Namun, sambutan Saudi untuk kunjungan Trump nanti disebut The Riyadh Herald sebagai resepsi terbesar dalam sejarah Kerajaan Saudi.

Keluarga Kerajaan Saudi dikenal kerap menyuguhkan hadiah mewah untuk pemimpin dunia dan pejabat tinggi yang berkunjung. Salah satu hadiah mewah yang kerap diberikan adalah jam tangan Rolex dan pedang emas.

Pada tahun 2014, Saudi juga melakukan pemborosan saat menjamu Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris, ketika bangsawan Inggris ini diberi hadiah sabuk, belati dan pedang emas.

Penerbangan Donald Trump ke Saudi kira-kira berlangsung 12,5 jam dan akan menghabiskan biaya USD 1,7 juta.

Menurut Presiden Judicial Watch, Tom Fitton, Trump telah menambahkan USD 60 juta untuk total anggaran lawatan kepresidenan dan perlindungan untuk tahun 2018. Biaya pesawat Air Force One diperkirakan menelan biaya sebesar USD 140.000 per jam terbang.

”Ini adalah biaya snapshot, dalam arti ada biaya lain yang jelas terkait, tapi pemerintah tidak mau memberikannya kepada kami atau mereka merahasiakannya dengan alasan tertentu,” kata Fitton kepada NPR.

Sebagai perbandingan, perjalanan mantan Presiden Barack Obama ke Hawaii diperkirakan menghabiskan biaya USD3,5 juta, dengan waktu penerbangan 10,5 jam.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *