Satu Islam Untuk Semua

Friday, 11 August 2017

Sajadah Canggih, Nyala Saat Dihadapkan ke Kiblat  


Sajadah Canggih, Nyala Saat Dihadapkan ke Kiblat

islamindonesia.id – Sajadah Canggih, Nyala Saat Dihadapkan ke Kiblat

 

Perancang Inggris bernama Soner Ozenc Product Design Studio (SOPDS) memiliki ide tak biasa, yakni membuat sajadah yang menyala dalam gelap.

Dinamakan EL Sajjadah, konsep sajadah yang mereka ciptakan sebetulnya sederhana. Sajadah berukuran standard tersebut dibuat sebagai platform bersih dan ‘sunyi’ untuk melakukan aktivitas shalat bagi kaum Muslim.

Keistimewaan EL Sajjadah adalah memiliki kemampuan menyala saat dihadapkan ke arah kiblat yang mengacu pada kota Mekkah di Arab Saudi.

Melalui akun Facebook SOPDS, EL Sajjadah akan mengeluarkan 100 persen cahaya apabila diarahkan sesuai kiblat Mekkah.

Kemudian jika condong ke arah kanan dari kiblat, tingkat cahaya yang keluar sekitar 75 persen. Sebaliknya,  sajadah pintar itu tak akan menyala sama sekali apabila diletakkan berlawanan arah dengan arah kiblat.

Sumber cahaya dari EL Sajjadah ini adalah berasal dari modul kompas yang disematkan di dalamnya. Mereka mengklaim, semakin dekat ke arah kiblat Mekkah, maka cahaya yang muncul akan semakin terang.

Sementara itu melalui situs resmi SOPDS, EL Sajjadah yang mereka anggap sebuah karya seni itu juga bisa dijadikan sebagai pajangan dinding.

Sayangnya, sejak ide inovasi ini terlontar sekitar lima tahun lalu, EL Sajjadah gagal mendapatkan dana dari kampanye Kickstarter. Proyek EL Sajjadah pun terpaksa dihentikan pada 14 Agustus 2012 lalu.

Adakah di Indonesia yang tertarik kembali “menghidupkan”-nya?

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *