Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 29 April 2017

Sains Akui Kesempurnaan Penciptaan Manusia


Sains Akui Kesempurnaan Penciptaan Manusia

islamindonesia.id – Sains Akui Kesempurnaan Penciptaan Manusia

 

Tubuh manusia bagian luar memiliki simetri kiri dan kanan, seperti mata, telinga, tangan serta kaki. Posisi mata pada bagian kiri dan kanan memungkinkan manusia untuk melihat ruang tiga dimensi secara akurat.

Dalam buku Sains berbasis Al-Qur’an karangan Ridwan Abdullah Sani dijelaskan, apabila ada seseorang yang hanya memiliki satu mata yang berfungsi, orang tersebut akan mengalami kesulitan menentukan jarak di depannya. Pada kasus ini, orang tersebut harus dapat memperkirakan jarak ke arah depan.

Kesulitan melihat ruang tiga dimensi pada kasus tersebut dapat dibuktikan dengan mencoba menutup sebelah mata, kemudian menyentuhkan jari telunjuk kiri dengan jari telunjuk kanan secara cepat.

Mata manusia dapat melihat spektrum sinar matahari dalam daerah cahaya tampak, yakni cahaya merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Manusia bisa menikmati keindahan alam ini karena dapat melihat berbagai macam warna dalam daerah cahaya tampak tersebut.

Akan tetapi, manusia tidak dapat melihat sinar inframerah dan sinar ultraviolet. Beberapa hewan bisa melihat sinar matahari dalam daerah ultraviolet dan melihat dunia dengan cara yang berbeda, misalnya kupu-kupu.

Bunga diciptakan memiliki warna ultraviolet pada bagian tengahnya, sehingga mudah dilihat oleh kupu-kupu dari jarak jauh. Manusia tidak membutuhkan penglihatan tajam seperti burung elang atau kemampuan melihat warna ultraviolet seperti kupu-kupu.

Manusia membutuhkan kemampuan untuk membedakan benda berdasarkan spektrum warna yang dipancarkannya untuk keperluan pengembangan dan penggunaan benda tersebut.

Kesempurnaan ini telah disebutkan dalam Al-Qur’an yang diturunkan sekira 14 abad lalu. “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,” Surah At-Tin Ayat 4.

Ayat di atas menunjukkan bahwa manusia telah diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya serta memiliki alat indera yang berfungsi mendukung aktivitas sehari-sehari. Begitu pula organ tubuh lainnya, kesempurnaan bentuk manusia merupakan karunia dari Allah.

Khusus pada mata, sehingga manusia diberikan kemampuan melihat. Mata merupakan karunia dari Allah agar manusia mampu melihat tanda-tanda kebesaran-Nya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *