Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 25 August 2019

Rusia Resmikan Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa


islamindonesia.id – Rusia Resmikan Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa

Prophet Mohammed, nama masjid di Chechnya, Rusia, disebut-sebut sebagai masjid terbesar di Eropa. Bangunan dalam dan luar masjid diperkirakan mampu menampung 70.000 jemaah. Selain terbesar, masjid yang baru diresmikan otoritas Rusia pada Jumat 23 Agustus 2019 ini juga disebut sebagai yang terindah di Eropa.

Empat menara tampak menjulang tinggi di setiap sudut bangunan masjid. Sementara area luar masjid tampak luas dikelilingi taman-taman. Selain bunga-bunga yang ditanam, pihak otoritas setempat juga melengkapi area masjid dengan air mancur untuk memperindah suasana.

Masjid ini, sebagaimana dilaporkan Reuters, (23/8), terletak di Shali, sebuah kota berpenduduk 54.000 jiwa. “Masjid ini unik dalam desainnya, dan megah dalam ukuran dan keindahannya,” kata Kadyrov.

Kadyrov ditunjuk oleh Putin untuk memerintah di wilayah mayoritas Muslim itu pada 2007. Dia telah memelopori kebangkitan Islam di Chechnya, termasuk dengan membangun masjid-masjid mewah. Sebelumnya pada 2008, dia juga membangun sebuah masjid di kota Grozny yang bernama “Heart of Chechnya”, yang berkapasitas 10 ribu jemaah.

Di Rusia sendiri Islam menjadi agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks. Dari laporan Russia Beyond, (9/4), jumlah pemeluk Islam di Rusia mencapai sekitar 25 juta orang dari total populasi penduduk sekitar 146 juta orang. Jumlah itu pun diperkirakan akan terus bertambah.

Malik/IslamIndonesia.id / Foto Fitur: Reuters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *