Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 28 August 2013

Rusia: Penyerangan Ke Suriah Akan Berdampak Serius


Isu  rencana penyerangan AS dan sejumlah negara sekutunya ke Suriah, membuat Rusia geram. Dalam sebuah berita yang dilansir oleh BBC pada Selasa (27/8), Rusia malah memperingatkan bahwa intervensi militer ke Suriah akan membawa konsekuensi yang sangat serius bagi situasi di Asia Barat dan sekitarnya.

Kendati alasan yang dipakai pihak AS dan sekutunya adalah untuk menanggapi serangan pasukan pemerintah Suriah yang menggunakan senjata kimia atas kelompok pemberontak pekan lalu, namun Rusia menyebut tindakan itu sebagai sangat gegabah jika jadi dilakukan.

Terkait dengan itu, iuru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Alezander Lukashevich, menyerukan masyarakat internasional untuk  memperlihatkan kehati-hatian dalam krisis di Suriah dan mematuhi hukum internasional dalam mendasari segala tindakan politiknya.

“Upaya-upaya di luar mekanisme Dewan Keamanan, akan kembali menciptakan dalih yang dibuat-buat, yang tidak berdasar, untuk intervensi militer di kawasan yang penuh dengan penderitaan baru di Suriah dan konsekuensi bencana bagi negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara,” ujar Lukashevich.

Sikap Rusia ini lebih ditegaskan oleh pernyataan Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Gennady Gatilov. Ia mengatakan bekerja lewat jalur politik akan jauh lebih berguna terhadap kondisi di Suriah.

Sementara itu lewat juru bicaranya, Perdana Menteri David Cameron, Inggris menyatakan tengah merundingkan rencana keikutsertaan mereka dalam rencana penyerangan ke Suriah.

Sebelumnya, Amerika Serikat mengumumkan bahwa bukti  penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah sungguh sesuatu yangt  “tidak terbantahkan”. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *