Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 11 February 2014

Rusia Apresiasi Peran Indonesia dalam Perundingan Suriah


www.indonesia.mid.ru

Melalui Duta Besarnya untuk Indonesia, Pemerintah Rusia, Mikhail Galuzin, menyampaikan apresiasinya atas peran Indonesia yang berkontribusi dalam Konferensi Internasional soal Suriah di Montreux pada Januari lalu.

“Kami sangat setuju dengan pernyataan Menlu Marty Natalegawa yang mengatakan bahwa hanya warga Suriah yang dapat menentukan masa depan negaranya,” kata Dubes Galuzin seperti dikutip dari satuharapan.com pada, Selasa (11/2).

Galuzin mengatakan bahwa Rusia bersama para negara mitra dari AS, Uni Eropa, dan China terus berupaya untuk memastikan agar program pengentasan senjata kimia Suriah berjalan dengan mulus.

“Kini yang terpenting adalah meningkatnya ekstremisme dan terorisme,” katanya.

Lebih dari 136.000 orang telah tewas di Suriah sejak konflik berlangsung pada Maret 2011 di negara itu, sementara lebih dari 2,4 juta warga Suriah juga terpaksa mengungsi.

Untuk mengatasi pertikaian yang terus berlanjut itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hadir sebagai perantara dalam mempertemukan pihak-pihak yang bertikai.

Pada Senin lalu, pihak-pihak tersebut bertolak ke Jenewa guna menghadiri putaran baru perundingan damai yang berlangsung sepuluh hari. Pertemuan itu dianggap perlu setelah pertemuan pertama hanya menghasilkan sedikit kesepakatan terkait pemindahan para warga sipil dari kota di Suriah yang terkepung, Homs.

Sementara itu, Menlu Marty memberikan dukungannya dengan mengikuti Konferensi Jenewa II yang dihadiri 39 negara yang secara khusus diundang PBB.

Konferensi Jenewa II merupakan forum penting karena untuk pertama kalinya pihak-pihak yang bertikai di Suriah duduk bersama dalam meja perundingan.

Meskipun sempat menolak dialog langsung dengan AS, Delegasi Suriah yang dipimpin Menteri Luar Negeri Walid Al Moallem telah tiba di Jenewa pada Minggu (9/2) guna menghadiri pertemuan lanjutan tersebut.

 

Sumber: satuharapan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *