Satu Islam Untuk Semua

Friday, 26 August 2016

Riyadh Siap Bangun Kampus di Makassar, Medan, Surabaya


IslamIndonesia.id – Riyadh Siap Bangun Kampus di Makassar, Medan, Surabaya

 

Tinggal menunggu persetujuan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, Kedutaan Besar Saudi di Jakarta akan memulai proses pembangunan 3 institusi pendidikan setingkat universitas di Indonesia.

“Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, yang juga Ketua Dewan Menteri telah mengeluarkan persetujuannya atas rencana pendirian tiga ma’had (setara institut islam) di Indonesia, yaitu di kota Surabaya, Medan dan Makassar, yang berafiliasi pada Universitas Imam Muhammad bin Saud,” kata Kedubes Saudi di Jakarta, dalam siaran pers, Rabu (24/8).

Dengan terbitnya persetujuan perencanaan pembanunan oleh Raja Salman itu, pihak universitas dapat menjalankan semua prosedur resmi guna proses pembukaan lembaga ini melalui Kedubes di Jakarta. Melalui kedutaan ini, komunikasi ke pihak terkait di Indonesia akan ditindaklanjuti.

“Proses pendirian dijadwalkan dapat dimulai untuk dua ma’had (institusi pendidikan) pada awal bulan Muharram tahun depan,” katanya.

Atas rencana ini, Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Prof. Dr. Suleiman bin Abdullah Abal-Khail, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Raja Salman atas dukungan serta kemurahan hati beliau terhadap dunia pendidikan, baik di dalam negeri ataupun luar negeri.

Suleiman memuji kebijakan Raja Salman dalam hal mendukung masyarakat Muslim dan negara-negara Islam, termasuk pendirian cabang Universitas di Indonesia dalam rangka penyebaran bahasa Arab dan mempromosikan sikap moderasi dan toleransi serta penolakan atas faham-faham ekstrimisme dan segala hal yang menjadi penyebab perpecahan dan perbedaan, melalui penanaman nilai-nilai Islam yang toleran pada setiap siswa dari di luar negeri.

Suleiman juga menyinggung perihal keberhasilan yang diraih oleh institut-institut yang berafiliasi dengan Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud di Jepang, Indonesia, dan Djibouti, dan menjelaskan bahwa persetujuan atas pendirian cabang-cabang yang baru ini merupakan perpanjangan dari keberhasilan di luar negeri dan mendapatkan reputasi yang baik di antara para pelajar, ulama dan intelektual.

Hingga saat ini Saudi telah mendirikan dua Institut Islam di Indonesia, yaitu Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain di Aceh, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta.[]

 

YS/IslamIndonesia/Sumber: Sindonews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *