Satu Islam Untuk Semua

Friday, 29 June 2018

Resmi, Malaysia Tarik Tentaranya dari Saudi


0F6776DD-3BC3-4374-8C6C-C712F8C4AE89

Islamindonesia.id-Resmi, Malaysia Tarik Tentaranya dari Saudi

 

 

 

Pemerintah Malaysia akhirnya memutuskan membawa pulang tentaranya yang berada di Arab Saudi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Mohamad Sabu.

Ia bilang, putusan ini keluar setelah gelar rapat kabinet pekan lalu. Putusan ini berdasarakan kebijakan luar negeri Malaysia yang netral dan tidak berpihak pada salah satu blok negara-negara manapun di dunia ini. 

“Setelah rapat kabinet, kami sedang mempersiapkan penarikan tentara,” katanya seperti dilansir New Straits Times, 28 Juni. 

Sejak 2015, lembaga hak asasi kemanusiaan dan advokasi setempat meminta Pemerintah untuk tidak ikut-ikut dalam koalisi militer Saudi yang menyerang Yaman. Namun seruan itu baru mendapatkan tanggapan setelah Mohamad Mahathir mengambil alih kekuasaan dari Najib Razak. 

Sabu mengatakan, Malaysia ingin berkomitmen untuk menjaga netralitas dan hubungan baik kepada negara-negara Asia Barat termasuk Saudi dan Yaman.  “Malaysia tetap teman baik bagi mereka seperti tetangga kami sendiri,” katanya.

Dengan dukungan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab dan beberapa negara lainnya, Saudi telah melancarkan serangan militer ke Yaman sejak Maret 2015. Koalisi Saudi juga memblokade Yaman dari darat, laut dan udara, sehingga menambah krisis kemanusiaan di negara yang terbilang miskin itu.

Hingga kini, agresi militer Saudi telah menghilangkan lebih daripada 14.000 nyawa warga Yaman.  Peristiwa ini membuat lembaga dan aktivis kemanusiaan di berbagai negara mengecam  keras tindakan Negara Kerajaan itu.

 

 

YS/islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *