Satu Islam Untuk Semua

Friday, 28 April 2017

RENUNGAN JUMAT – Keberkahan Mengucapkan Bismillah


ARABIAN-words-Islamic-Muslim-Calligraphy-font-b-Art-b-font-font-b-Bismillah-b-font-Wall

IslamIndonesia.id – RENUNGAN JUMAT – Keberkahan Mengucapkan Bismillah

 

Dari sekian akhlak Muhammad Saw sejak kecil yang diperhatikan paman sekaligus pengasuhnya, Abu Thalib, ialah mengucapkan ‘bismillah’ setiap sebelum makan. ‘Bismillah’ (dengan nama Allah) bahkan senantiasa diucapkan oleh setiap Nabi sebelum memulai pekerjaannya. Nabi Sulaiman, misalnya, menulis kalimat ‘bismillahirrahmaanirrahiim’ dalam suratnya yang ditujukan pada Ratu Saba.

“Bismillah, adalah sumber keberkahan dalam pekerjaan dan meninggalkannya akan menyebabkan kegagalan,” kata Ali bin Abi Thalib.

Tidak hanya itu, sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa ‘bismillah’ bukan hanya ada pada permulaan Al-Qur’an tapi juga ada pada setiap permulaan kitab suci samawi. Karena berkahnya yang tak ternilai ini, para ulama terdahulu senantiasa berpesan untuk memulai setiap aktivitas dengan mengucapkan ‘bismillah’. Mulai dari sebelum tidur, makan, belajar, hingga berpergian. Mengucapkan ‘bismillah’ bahkan dihukumi wajib bagi yang akan menyembelih hewan. Jika tidak, dagingnya haram dimakan.

“Bismillah merupakan mahkota surah-surah Al-Qur’an,” ungkap sebuah hadis yang menunjukkan keutamaan amalan ini.

Namun pertanyaannya, mengapa pada permulaan surah Al-Bara’ah tidak dicantumkan ‘bismillah’? Penjelasannya bisa ditelusuri dalam berbagai kitab tafsir. Menurut Tafsir Qurthubi, ‘bismillah’ merupakan kalimat yang mengandung keamanan dan kasih sayang, sementara pernyataan berlepas diri dari orang-orang kafir dan musyrik seperti di dalam surah Al-Bara’ah tidak sejalan dengan  sikap yang menunjukkan kecintaan.

Sebagaimana di setiap kapal atau perahu yang menggunakan bendera negara atau perusahaannya, ‘bismillah’  merupakan salah satu tanda bagi orang Muslim. Dengan ‘bismillah’ aktivitas atau pekerjaan seorang Muslim memiliki warna Ilahi. Dengan menyadari maknanya, seorang yang senantiasa mengucapkan ‘bismillah’ akan lebih dekat lagi dengan Allah. Sedemikian sehingga salah satu keberkahan bagi yang mengucapkannya, ialah terlindungi dari setan yang ingin menggodanya.[]

 

YS/MQ/ IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *