Satu Islam Untuk Semua

Friday, 09 September 2016

RENUNGAN JUM’AT – 14 Hadiah Terbaik


IMG_1273

Islamindonesia.id– RENUNGAN JUM’AT — 14 Hadiah Terbaik

 

Dalam Al-Qur’an surah Al Imran ayat 134, Allah berfirman: “(Yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang, dan sungguh Allah menyukai orang-orang yang berbuat ihsan.”

Ayat ini menjelaskan perilaku orang-orang yang berbuat kebajikan yang tampaknya sulit dikerjakan, yakni berinfak di saat lapang dan sempit. Jika berinfak di saat lapang saja orang perlu berlatih dan membiasakan diri, maka berinfak di saat sempit membutuhkan sesuatu yang jauh lebih hebat dan luhur lagi.

Namun demikian, orang sering memahami infak dalam makna yang sempit dan dangkal, bahkan materialistis, sehingga menganggap infak dalam keadaan sempit itu sebagai perbuatan memaksakan diri yang berlebihan. Padahal, sejatinya, infak tidak seharusnya dipahami sebagai mengeluarkan harta semata-mata, melainkan ada banyak perilaku lain yang terkadang lebih tinggi daripada mengeluarkan harta kita.

Menariknya, dalam lanjutan ayat di atas, Allah mengisyaratkan dua perbuatan yang terkadang jauh lebih sulit dan menuntut kemurahan hati yang lebih besar ketimbang mengeluarkan harta, yakni menahan amarah kepada orang yang menimbulkan kemarahan kita dan memaafkan kesalahan orang yang berbuat salah kepada kita. Dua perbuatan ini adakalanya dapat digolongkan sebagai perbuatan infak dan pemberian hadiah yang lebih besar ketimbang infak dan hadiah berupa harta.

Dengan demikian, seorang Muslim dapat memahami hadis Baginda Nabi berikut ini dalam makna yang lebih luas. Nabi saw bersabda: “Saling berbagi hadiah-lah kalian maka nanti kalian akan saling mencintai.”

Hadis ini tidak perlu dipahami semata-mata dalam makna berbagi hadiah material, melainkan dalam dimensi yang lebih luas. Karena itu, sebagian ahli hikmah mencoba mendaftar 14 jenis hadiah non-benda yang patut kita berikan kepada orang yang kita sayangi. Berikut adalah 14 hadiah tersebut:

1. Hadiah terbaik untuk seorang sahabat adalah Doa.

2. Hadiah terbaik untuk seorang musuh adalah Pemaafan.

3. Hadiah terbaik untuk seorang guru adalah

Penghormatan.

4. Hadiah terbaik untuk murid adalah Tauladan.

5. Hadiah terbaik untuk sebuah kehidupan adalah Kasih Sayang.

6. Hadiah terbaik untuk sebuah kematian adalah Al-Fatihah.

7. Hadiah terbaik untuk ibu bapa adalah Kebaktian.

8. Hadiah terbaik untuk isteri adalah Penghargaan.

9. Hadiah terbaik untuk suami adalah Kesetiaan.

10. Hadiah terbaik untuk anak adalah Pendidika.n

11. Hadiah terbaik untuk diri sendiri adalah Kejujuran.

12. Hadiah terbaik untuk orang yang tak dikenali adalah Senyuman.

13. Hadiah terbaik untuk Rasulullah adalah Sholawat.

14. Hadiah terbaik untuk Allah SWT adalah Ketaqwaan.

Selalu-lah bermurah hati kepada orang-orang di sekeliling kita bahkan saat Anda dalam kesempitan, lantaran pemberian Anda boleh jadi justru penyebab terbukanya pintu rizki dan kelapangan.[]

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *