Satu Islam Untuk Semua

Monday, 08 May 2017

Rektor IAIN Surakarta: Kebebasan Akademis Harus Dijamin


buku haidar

islamindonesia.id – Rektor IAIN Surakarta: Kebebasan Akademis Harus Dijamin

 

Rektor IAIN Surakarta Mudofir menegaskan pihak kampus tetap menggelar bedah buku “Islam Tuhan, Islam Manusia” sesuai rencana meski ditolak kelompok tertentu. Menurut Mudofir, bedah buku merupakan kegiatan ilmiah yang perlu dikembangkan di dalam kampus.

“Kebebasan akademis harus dijamin,” kata Sang Rektor seperti dilansir Tempo.co, 7/5.

Meski demikian, Mudofir tetap mengajak kelompok yang menolak acara itu untuk ikut berdiskusi dalam bedah buku. “Kami persilakan untuk ikut menjadi pembicara,” katanya.

Sebenarnya, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa bekerja sama dengan Mizan sebagai penerbit. Kegiatan bedah buku jamak dilakukan di kampus itu untuk menambah pengetahuan mahasiswa.

Hanya saja, acara kali ini mendapat penolakan dari sejumlah kelompok. “Mereka sudah tiga kali meminta audensi agar acara itu dibatalkan,” kata Mudofir.

Opsi lain, acara boleh tetap berlangsung namun Haidar Bagir diganti dengan pembicara lain. “Alasan mereka adalah Haidar Bagir merupakan penganut syiah,” katanya. Para penolak juga mempersoalkan satu bab dalam buku tersebut yang berjudul Takfiri: Asal Usul dan Perkembangannya.

Seperti diberitakan islamindonesia.id sebelumnya, pada 3 Mei 2017, Dewan Syariah Kota Surakarta, MUI dan Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) mendatangi pihak Rektorat untuk menolak penyelenggaran acara diskusi buku ini.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Universalia menyebut, pihak penolak ini  menyebarkan flyer (pamflet) yang isinya memboikot acara tersebut terutama menolak kehadiran Haidar Bagir yang mereka anggap sebagai gembong Syiah.

Rektor menanggapi penolakan itu dengan mengatakan kami bulat akan jalan terus melanjutkan acara karena ini bagian dari diskusi akademik yang tak boleh diintimidasi. Bahkan Rektor akan menjadi salah satu pembicara di acara tersebut.[]

 

YS/ Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *