Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 05 February 2015

Redam Islamophobia, Muslim London Buka Pintu Dialog


Mesjid Finsbury Park London.

Dewan Muslimin Inggris menggelar ‘Visit My Mosque Day’ akhir pekan lalu, sebuah kegiatan unik yang bertujuan memperkenalkan wajah yang Islam yang damai di tengah tingginya sentimen Islamophobia di Eropa.

Dilaksanakan di Masjid Finsbury Park, London, acara itu dihadiri tokoh dari berbagai latar belakang dan agama. Selain berkesempatan mengenal Islam langsung dari penuturan Muslimin, acara itu sekaligus momen bagi warga kota menunjukkan solidaritas dan toleransi.

“Saya merasa sangat sedih ketika menyaksikan tragedi di Paris. Pelaku penyerbuan itu sama sekali tidak mewakili wajah Muslim,” kata seorang pengunjung yang beragama Katolik. Dia merujuk pada tragedi penembakan redaksi sebuah majalah di Perancis, Januari silam.

Sepanjang acara dialog dan pengenalan Islam dan kehidupan mesjid, tetamu dapat kesempatan berkeliling di sekitar area masjid. Panitia juga menyempatkan memaparkan sejarah singkat mesjid dan profil Muslimin London.

“Salah satu alasan kami mengadakan kegiatan ini karena meningkatnya serangan Islamophobia terhadap umat Islam,” kata seorang pengurus Mesjid Finsbury.

(Ami/Islam Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *