Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 23 July 2019

Rais Syuriyah PBNU ‘Gus Ishom’: Islam Terbuka Untuk Siapa Saja, Jangan Menutup Diri


islamindonesia.id – Rais Syuriyah PBNU ‘Gus Ishom’: Islam Terbuka Untuk Siapa Saja, Jangan Menutup Diri

Islam itu terbuka dengan semua golongan, termasuk dengan non-Muslim, kata Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Ishomuddin, di Surabaya, Jawa Timur. Kiai muda ‘Gus Ishom’ itu mengkritisi sebagian kaum Musimin yang cenderung menutup diri dari kelompok yang berbeda.

“Pemeluk agama Islam seharusnya terbuka kepada siapa saja, termasuk kepada kalangan non Muslim, dan jangan menutup diri,” kata Gus Ishom. “Karena Islam tidak mengajarkan yang demikian,” katanya mengutip laman NUOnline, Minggu (21/7/2019).

Gus Ishom juga mengkritisi adanya sebagian kecil Muslimin yang hanya mau menempati rumah atau belanja di toko berlabel syari saja. ‘Jangan juga enggan berkumpul dengan anggota masyarakat yang dianggap tidak berpenampilan syari,” katanya.

“Padahal Alquran mengajarkan kita untuk saling mengenal,” tegasnya.

Dia gambarkan, perilaku seperti itu berbahaya, sebab bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Mengingat Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya dan agama yang beragam.

Menurutnya, syariatisasi boleh diterapkan di Indonesia bila hal tersebut bersikap umum dan mewakili kepentingan orang banyak, tapi tidak dalam masalah individu.

Dia contohkan, UU nomor 1/1974 tentang perkawinan, kompilasi hukum Islam dan undang-undang wakaf, semua itu diambil dari hukum Islam. “Karena asas manfaatnya bersifat umum,” pungkasnya. 

MUH/IslamIndonesia/Foto Fitur: muslimmoderat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *