Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 19 August 2017

Rahasia Mbah Moen Bisa Naik Haji Tiap Tahun


Rahasia Mbah Moen Bisa Naik Haji Tiap Tahun

islamindonesia.id – Rahasia Mbah Moen Bisa Naik Haji Tiap Tahun

 

Ulama kharismatik dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimoen Zubair kembali berhaji tahun ini. Tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga sempat membeberkan ‘rahasia’ bagaimana ia bisa berhaji tiap tahun.

Mbah Moen, demikian dia biasa disapa, mengaku banyak kenal dengan petugas maupun Duta Besar.

“Jadi haji saya adalah sesudah selesai hajinya para jemaah,” ucapnya melempar canda kepada Media Center Haji.

Kedatangan Mbah Moen ini disambut oleh Ketua Daerah Kerja (Kadaker) Airport Arsyad Hidayat begitu keluar dari gerbang kedatangan terminal haji.

Ia tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, Kamis 17 Agustus 2017 pukul 16.00 WAS menggunakan pesawat Saudi Airlines.

Ketika baru tiba, Arsyad langsung mengajak Mbah Moen mampir ke kantor Daker untuk rehat sejenak sebelum berihram dan berangkat umrah ke Mekkah.

Mbah Moen adalah tokoh NU yang hampir tiap tahun beribadah haji ke Tanah Suci. Tokoh sepuh yang disegani semua kalangan ini masih kuat melakukan perjalanan jauh.

Setelah merasa cukup istirahat, Mbah Moen kemudian mandi, berihram dan shalat sunah di mushala yang terletak di plaza Bandara Jeddah.

Menurut Mbah Moen, ibadah haji tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, kuota haji kembali normal. Lebih dari 200 ribu orang. Sementara tahun sebelumnya sekitar 160-170 ribu orang.

“Haji tahun ini lebih kondusif. Dipandang dari segi pelayanan maupun peribadatan dan lainnya. Saya yakin haji itu akan menjadi ukuran kemajuan bangsa Indonesia,” ujar Mbah Moen saat ditemui usai shalat sunah.

Terkait waktu larangan lempar Jumrah bagi jemaah haji Indonesia yang dikeluarkan Pemerintah Saudi, Mbah Moen meminta jemaah haji Indonesia untuk mengikutinya.

Memang, kata dia, ada waktu-waktu afdhaliyah (baik) untuk melempar jumrah sesuai dengan pandangan berbagai mazhab dalam Islam. Namun, hendaknya umat mengikuti anjuran pemerintah sebagai rujukan secara umum.  “Jemaah haji hendaknya melaksanakan ibadah secara tulus dan ikhlas,” pesan Mbah Moen.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *