Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 21 May 2019

Rabithah Alawiyah Enggan Terlibat Saling Hujat Sesama Anak Bangsa


islamindonesia.id-Rabithah Alawiyah Enggan Terlibat Saling Hujat Sesama Anak Bangsa

Perkumpulan habaib se-Indonesia, Rabithah Alawiyah, mengeluarkan maklumat untuk anggotanya jelang penetapan hasil resmi pemilihan umum pada 22 Mei. Salah satu maklumatnya, Rabithah meminta agar setiap anggotanya berupaya menghindari aktivitas saling menyalahkan sesama muslimin dan anak bangsa.

Maklumat ini dirilis pada 20 Mei atau dua hari jelang penetapan putusan resmi Komisi Pemilihan Umum. Apapun hasil putusannya, Rabithah beraharap,  bangsa ini mendapatkan takdir yang terbaik sehingga persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

Karena itu, organisasi ini mengarapkan kepada setiap cabangnya di berbagai daerah untuk  ikut menenteramkan anggota-anggotanya. “Hal ini agar terhindar dari kemungkinan kekacauan yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi umat, bangsa dan negara,” demikian potongan maklumatnya.

Tanpa ingin mengintervensi aspirasi politik setiap anggotanya, Rabithah berharap kepada mereka agar menjunjung tinggi aturan yang berlaku serta menggunakan saluran-saluran resmi. Selain itu, Rabithah ingin masalah yang dihadapi setiap kubu dapat diselesaikan secara jujur dan berkeadilan.

Seperti diketahui, organisasi ini berdiri pada tahun 1346 H bertepatan dengan tanggal 27 Desember 1928 masehi. Dalam pembentukan awalnya, organisasi bernama “Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah”

Tujuan awal dari perkumpulan ini untuk menguatkan tali persaudaraan antara golongan sayyid dan orang Arab Hadrami. Selain itu, organisasi bertujuan memberikan kontribusi sosial seperti mendidik anak piatu, menolong janda dan fakir miskin. []

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *