Satu Islam Untuk Semua

Monday, 14 October 2013

Puncak Musim Haji 2013, Panitia Siapkan Tim Evakuasi


Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan meluncurkan layanan kesehatan baru berupa Tim Evakuasi Tanpa Alat (TETA). “Tim dibuat untuk memaksimalkan pelayanan selama masa puncak haji,” ujar Kepala Bidan Kesehatan PPIH Arab Saudi, Fidiansjah dalam siaran resmi Kementerian Agama, Sabtu, 12 Oktober2013.

Menurut Fidiansjah TETA beranggotakan 20 warga Indonesia yang bermukim di Arab Saudi Mereka direkrut karena dinilai sudah menguasai lokasi dan medan yang harus ditempuh para jemaah selama musim haji. Selain itu, tim yang dipilih dinilai memiliki fisik yang bugar untuk membantu jemaah sakit.

Fidiansjah mengakui, jumlah anggota tim yang hanya 20 tak memadai bila dibanding dengan total jemaah haji Indonesia yang mencapi 160 ribu. Namun keberadaan mereka tetap diperlukan untuk memberi pertolongan darurat pada jemaah yang sakit, khususnya ketika berada di Jamarat, Terowongan Muaishim, dan lokasi ibadah lain yang agak jauh dari balai kesehatan haji.

Dibanding tahun lalu, jumlah anggota TETA kali ini kata Fidiansjah lebih banyak. Tahun lalu tim hanya beranggotakan 10 orang. “Ini merupakan keseriusan kami untuk mendekatkan pelayanan kesehatan pada jemaah.”

Ketua Tim Pengawasan dan Pengendalian Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama mengatakan, pembentukan TETA merupakan bagian pemenuhan lima aspek layanan kesehatan selama ibadah haji.

Adapaun empat aspek lainnya adalah jamaah harus mampu menjaga kesehatan diri sendiri, adanya petugas kesehatan yang mendampingi setiap kloter, penyediaan fasilitas berupa klinik kesehatan di Arafah dan Mina, serta kerja sama dengan rumah sakit Arab Saudi di Arafah dan Mina sebagai rujukan bag jemaah yang membutuhkan penanganan lanjutan.

Tjandra mengatakan, keberadaan TETA akan sangat membantu apalagi dalam suasana puncak haji yang begitu padat. Sesuai pelatihan yang diberikan, anggota TETA akan segera membantu jemaah yang sakit menuju sentra pelayanan kesehatan terdekat. Dalam melaksanakan tugas para anggota TETA dibekali tandu dan perangkat komunikasi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *