Satu Islam Untuk Semua

Friday, 15 November 2013

Presiden SBY: Dialog Antar Umat Beragama Penting


Semua pihak harus memberikan sumbangannya untuk mewujudkan kerukunan antarumat beragama di Tanah air. Demikian pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam akun twitternya @SBYudhoyono pada Kamis (14/11). 

“Saya ingatkan bahwa kerukunan penting, peran pemuka agama penting dan kerja sama pemerintah dengan pemuka agama juga penting,” kata Presiden 

SBY mengatakan kerukunan antarumat beragama tidak datang dengan sendirinya. Semua termasuk para pemuka agama harus bekerja keras menjaganya. 

“Dialog dan silaturahmi antarumat beragama penting, meski kelompok ekstrem di agama mana pun, biasanya tidak mau berdialog,” tulisnya. 

Presiden juga mengajak pPara pemimpin umat dan pemuka agama  untuk terus mengurangi ekstriminitas dalam beragama guna mencegah konflik dan kekerasan. 

Ia juga mengatakan bahwa berbagai benturan dan kekerasan sesungguhnya bisa dicegah jika  pemerintah, Polri dan TNI, pemuka agama dan tokoh masyarakat di daerah peduli dan bekerjasama. 

“Para pemimpin termasuk pemuka agama harus memberi dan menjadi contoh untuk senantiasa hidup rukun bersama umat agama lain. Para pemimpin termasuk pemuka agama harus menjaga kata-kata, sikap dan tindakan agar tidak memanaskan situasi bahkan memprovokasi,” ujarnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *