Satu Islam Untuk Semua

Friday, 11 June 2021

Presiden Afrika Selatan: Situasi di Gaza Mengingatkan Saya pada Era Apartheid


islamindonesia.id – Presiden Afrika Selatan: Situasi di Gaza Mengingatkan Saya pada Era Apartheid

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan bahwa situasi di Gaza, Palestina mengingatkannya pada era apartheid yang pernah terjadi di negaranya sendiri.

Menurutnya, tindakan Israel terhadap warga Palestina lah yang menjadikan negara ini apartheid. Dia mengatakan Afrika Selatan mendukung Palestina tetapi mendesak kedua belah pihak untuk duduk dan bernegosiasi seperti yang pernah dilakukan di Afrika Selatan pada awal 1990-an.

“Negara (kami) mendukung Palestina, tetapi mendesak kedua belah pihak untuk duduk dan bernegosiasi seperti yang dilakukan di Afrika Selatan pada awal 1990-an,” kata Ramaphosa sebagaimana dilansir dari france 24 (19/5).

Dalam sebuah siaran pers, Ramaphosa juga pernah menyatakan bahwa selama Israel melakukan pendudukan dan menolak hak rakyat Palestina, maka perdamaian tidak akan pernah terwujud.

“Situasi yang meningkat di Israel dan Palestina menegaskan sekali lagi apa yang kita ketahui dengan baik oleh orang Afrika Selatan, bahwa konflik yang sulit diselesaikan hanya dapat diselesaikan melalui negosiasi damai.

“Ini juga menunjukkan bahwa kecuali akar penyebab konflik ditangani, dalam hal ini pendudukan ilegal oleh Israel atas tanah Palestina dan penolakan hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, tidak akan pernah ada perdamaian,” kata Ramaphosa dilansir dari eyewitness news (17/5).

Berikut ini adalah cuplikan wawancara Cyril Ramaphosa dengan france 24:

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Tangkapan Layar Saluran YouTube France 24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *