Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 25 March 2018

Politik Indonesia Tak Jelas, Cak Nun: Aku Tak Gawe Lapangan Dewe Sing Bener Wae


islamindonesia.id – Politik Indonesia Tak Jelas, Cak Nun: Aku Tak Gawe Lapangan Dewe Sing Bener Wae

 

Budayawan Emha Ainun Nadjib mengibaratkan sistem dan dinamika politik di Indonesia seperti permainan sepak bola yang aturannya sudah tak jelas. Hal itu disampaikan Cak Nun saat mengomentari polemik terkait pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menuding aksi bagi-bagi sertifikat tanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bentuk kebohongan.

“Kita ini ibarat sudah kacau sepakbolanya sehingga menendang bola kemanapun selalu salah bagi yang lain,” ujar Cak Nun saat ditemui di kediamannya di kampung Kadipiro, Yogya, Jumat (23/3/2018).
Polemik ini dipicu ketika Amien Rais mengkritik pembagian sertifikat tanah yang selama ini dilakukan Presiden Jokowi. Politikus PAN itu menyebut program Jokowi tersebut sebagai tindakan yang membohongi publik. Tak lama setelah komentar Amien, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengancam membuka dosa pengkritik pemerintah yang asal-asalan.

Menurut Cak Nun, polemik tersebut tak ubahnya seperti rasa gatal dari kudis di tubuh Indonesia yang kemudian setelah digaruk sembuh tapi terjadi lagi. “Saya enggak bisa jawab soal kudis, wong darahnya yang kotor kok,” ujarnya.

Ketidakjelasan arah politik inilah yang membuat Cak Nun malas ikut campur dalam polemik politik yang terjadi di Indonesia.

“Aku tak gawe lapangan dewe sing bener wae, mainke sing bener (Saya bikin lapangan sendiri saja, memainkan yang benar saja),” ujarnya.

Menurut Cak Nun, Indonesia membutuhkan pemimpin yang tak berpihak pada golongan A atau B.

“Tapi sepertinya masyarakat juga sudah lupa butuh pemimpin yang tak berpihak,” ujarnya terkait polemik Amien Rais dengan Luhut.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *