Satu Islam Untuk Semua

Friday, 15 September 2017

Polisi Inggris Buru Dalang Bom Kereta Bawah Tanah London  


Polisi Inggris Buru Dalang Bom Kereta Bawah Tanah London

islamindonesia.id – Polisi Inggris Buru Dalang Bom Kereta Bawah Tanah London

 

Aparat kepolisian Inggris masih memburu dalang di balik ledakan bom rakitan di kereta bawah tanah London. Sejauh ini belum ada satupun tersangka yang ditangkap terkait insiden yang melukai 22 orang ini.

“Para detektif dari Komando Pemberantasan Terorisme, bagian dari jaringan kepolisian antiterorisme nasional, tengah melakukan penyelidikan dengan waktu cepat untuk mencari tahu siapa yang bertanggung jawab dan bekerja secara erat dengan dinas keamanan,” tegas juru bicara Kepolisian Metropolitan London dalam pernyataan terbarunya, seperti dilansir media Inggris, The Telegraph, Jumat (15/9/2017).

“Sejauh ini belum ada penangkapan,” imbuh juru bicara itu.

Informasi soal perburuan pelaku di balik ledakan bom itu juga disampaikan oleh Wali Kota London, Sadiq Khan. “Sedang dilakukan perburuan saat ini,” ucap Wali Kota Khan saat diwawancarai radio lokal Inggris, LBC seperti dilansir The Guardian.

Namun sayangnya, Khan tidak diperbolehkan mengungkap lebih jauh soal perburuan ini. Tidak diketahui pasti siapa dan ada berapa orang yang sedang diburu Kepolisian Inggris saat ini.

Kepolisian Inggris sendiri tidak banyak mengungkapkan informasi apapun soal terduga pelaku di balik teror bom ini. Namun sejumlah saksi mata di lokasi melihat sejumlah polisi bersenjata menyisir gerbong-gerbong kosong di Parsons Green, lokasi ledakan. Tim penjinak bom juga dikerahkan ke lokasi.

Dalam pernyataannya, Kepolisian Metropolitan London telah menyatakan keyakinannya bahwa ledakan yang terjadi pada Jumat (15/9/2017) pagi waktu setempat ini dipicu oleh bom rakitan. Namun mereka tidak menyebut lebih lanjut soal seluk-beluk bom rakitan itu.

“Kami meyakini kebakaran (di dalam kereta) disebabkan oleh peledakan sebuah bom rakitan, yang sedang diperiksa secara forensik,” terang Kepolisian Metropolitan London dalam pernyataan terbarunya.

Informasi soal bom rakitan itu justru didapat dari media sosial. Gambar sebuah benda misterius berbentuk ember warna putih dengan kabel menjuntai keluar diduga kuat sebagai sumber ledakan. Ember itu masih mengeluarkan asap dan terbakar api usai ledakan terjadi.

Pemeriksaan terhadap objek itu akan memberikan banyak petunjuk bagi kepolisian. Kepolisian tentu ingin mengetahui siapa yang membawa objek itu ke dalam kereta. Polisi juga akan mencari tahu bagaimana cara objek itu diledakkan, apakah dari jarak dekat atau dari jarak jauh dengan pengendali khusus atau penghitung waktu.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *