Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 19 December 2013

PM Turki Pecat 5 Pejabat Polisi


PM Turki Recep Tayyip Erdogan

Para pengamat politik Turki menyebut insiden tersebut sebagai bukti telah terjadinya friksi di tubuh partai berkuasa, AKP.

 
Dianggap  terlibat dalam suatu “operasi kotor” terhadap pemerintah Turki, lima perwira tinggi kepolisian Turki dipecat, termasuk kepala unit yang memimpin penyelidikan korupsi. Demikian sebuah berita yang dikutip oleh BBC pada Kamis (19/12).

Sehari usai menciduk 52 orang (termasuk putra salah satu menteri dalam kabinet  Recep Tayyip Erdogan dan pengusaha yang dekat dengan Perdana Menteri Turki tersebut), lima pejabat itu langsung dipecat di Istanbul .

Wartawan BBC di Istanbul James Reynolds menyebut  penangkapan serta pemecatan  itu merupakan bukti telah terjadinya “perkelahian diam-diam”  antara Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang  berkuasa dengan seorang mantan sekutu mereka, Fethullah Gulen.

Gulen adalah seorang tokoh Islam yang tinggal  di Amerika Serikat dan membantu kemenangan  AKP dalam tiga pemilu sejak 2002. Para pengikutnya dikabarkan mempunyai posisi berpengaruh di berbagai departemen pemerintah dari polisi hingga dinas rahasia, bidang yudikatif serta di  internal AKP sendiri.

Para pengamat  politik di Turki mengungkapkan terjadinya insiden tersebut menjadi bukti telah terjadinya friksi di internal AKP, terutama sesudah pada November lalu, pemerintah membahas tentang rencana penutupan beberapa sekolah swasta termasuk yang dimiliki oleh gerakan Gulen, Hizmet.

Sementara itu, Erdogan mengatakan penyelidikan korupsi yang memicu penangkapan puluhan orang merupakan bagian dari “operasi kotor” terhadap pemerintahannya, dan mengaitkannya dengan demonstrasi anti-pemerintah pada musim panas lalu. (hj)

 

Sumber: BBC, VOA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *