Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 04 December 2014

Pimpinan al-Azhar Kutuk Kejahatan ISIS


Sheik Ahmed al-Tayeb.

Dalam pembukaan konfrensi internasional melawan ekstremisme di Cairo hari Rabu, pimpinan al-Azhar mengutuk kejahatan biadab yang dipraktekkan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Seperti dilansir situs al-Manar, Sheikh Ahmed al-Tayeb bilang, “Saya heran dan bertanya-tanya kenapa kelompok sempalan buta yang menodai darah Arab ini bisa muncul.”

Sheikh al-Tayeb menyebut beberapa faktor seperti agama, politik dan ekonomi sebagai faktor penyebab kemunculan kelompok-kelompok semisal ISIS. Selain faktor ini, dia memaparkan, “Sebagian merasa bahwa penderitaan kita juga sebuah plot Israel agar tetap menjadi negara adidaya di kawasan dan kemungkinan ini tidak bisa dipinggirkan.”

Sambil menyeru koalisi pimpinan Amerika Serikat untuk melawan negara-negara yang menopang aksi-aksi teroris secara finansial dan militer, Sheikh al-Tayeb tak lupa mengingatkan tanggung jawab dunia Islam sendiri.

“Tapi kita tak boleh lalai pada tanggung jawab sendiri dalam kemunculan ekstremisme yang memicu kelahiran organisasi-organisasi seperti al-Qaeda dan kelompok bersenjata lain,” tandasnya.

Konfrensi dua hari ini diikuti perwakilan berbagai negara termasuk dari Arab Saudi, Iran dan Maroko.

(AR/al-Manar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *