Satu Islam Untuk Semua

Friday, 03 April 2015

Pernyataan Bersama Iran dan P5+1: Sanksi Akan Segera Dicabut


Mohammad Javad Zarif dan Federica Mogherini tepuk tangan lepas membaca pernyataan bersama.

Usai pembicaraan panjang yang menegangkan urat-urat syaraf, akhirnya Iran dan enam negara dunia mengeluarkan pernyataan bersama dengan salah satu poin sangat sensitif dan menentukan; “pencabutan sanksi segera.”

Bersama Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, Menteri Luar Negeri Irak, Mohammad Javad Zarif dengan wajah berseri-seri membacakan pernyataan bersama di Universitas Politekhnik Lausanne, Swiss kemarin.

Dari sekian banyak poin pernyataan seperti tetap berjalannya aktivitas¬† reaktor-reaktor nuklir Iran, pengaktifan 5.000 mesin sentrifugal di reaktor Natanz, izin melanjutkan program riset dan pengembangan mesin sentrifugal, serta kerjasama internasional di bidang nuklir, poin tentang “pencabutan sanksi segera” yang sudah dijatuhkan untuk Iran cukup menyita perhatian.

Lepas pelaksanaan program aksi bersama, lanjut pernyataan, seluruh sanksi ekonomi dan finansial baik yang dijatuhkan oleh Eropa atau yang sepihak oleh AS termasuk sanksi finansial, perbankan, asuransi, investasi dan jasa di berbagai sektor termasuk minyak, gas, petrokimia dan industri otomotis segera dicabut.

Bahkan sanksi untuk pribadi, organisasi atau lembaga pemerintah dan swasta yang berhubungan dengan nuklir Iran juga akan segera dicabut. Sementara enam negara perunding — Amerika, Cina, Inggris, Perancis, Rusia plus Jerman — berkomitmen tidak akan menjatuhkan sanksi baru sekaitan program nuklir Iran.

Draft program aksi bersama akan disusun usai putaran negosiasi Lausanne dan akan dikokohkan lewat resolusi Dewan Keamanan PBB. Aktivitas nuklir Iran pun akan berjalan kembali dan “pencabutan sanksi secara otomastis akan berlaku.”

Pernyataan bersama ini tidak menetapkan tenggat waktu penyusunan draft program aksi bersama.

(AR/Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *