Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 12 April 2015

Permalukan Saudi, Pakistan Tolak Ajakan Serang Yaman


Menteri pertahanan Pakistan Khawaja Asif

Parlemen Pakistan akhirnya tegas menolak militernya ikut campur dalam serangan koalisi pimpinan Saudi terhadap Yaman, sekaligus mendesak Islamabad bersikap netral dalam konflik di Yaman.

Penolakan ini merupakan jawaban atas permintaan Saudi kepada Pakistan untuk ikut bergabung dalam misi penyerangan atas Yaman yang telah berlangsung 18 hari ini.

“Parlemen menginginkan Pakistan tetap bersikap netral dalam konflik Yaman agar dapat berperan proaktif dalam mencari solusi diplomatik yang bisa mengakhiri krisis Yaman tersebut,” demikian bunyi resolusi yang diputuskan secara aklamasi Jum’at pagi setelah pembahasan lebih dari 3 hari di kalangan anggota legislatif.

Parlemen menggarisbawahi “pentingnya kelanjutan upaya pemerintah Pakistan untuk menemukan solusi damai atas krisis yang terjadi,” lanjut pernyataan tersebut.

Resolusi itu menekankan semua pihak yang berperang agar segera mengakhiri pertempuran dan menyelesaikan konflik melalui dialog, sekaligus memperingatkan bahwa perseteruan di negara Arab itu dapat menimbulkan “imbas kritis terhadap kawasan, termasuk di Pakistan.”

 

(MH/PressTV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *