Satu Islam Untuk Semua

Monday, 19 October 2015

Perkuat Saudi, Ratusan Tentara Sudan Tiba di Aden


Ratusan orang tentara Sudan mendarat di Aden, kawasan utara Yaman pada Sabtu silam, kata pejabat, memghadirkan tenaga baru bagi pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi yang gagal mencapai target strategis dalam tujuh bulan terakhir.

“Sudan berkomitmen mengembalikan kekuasaan [Hadi] di Yaman,” kata juru bicara tentara Sudan, Jendral Ahmed Khalifa, seperti dikutip Reuters.

Tentara Sudan terjun bersama pasukan koalisi setelah tujuh bulan invasi militer yang menewaskan 5.400 warga Yaman itu tak kunjung menghasilkan banyak kemajuan. Pasukan perlawan Asharullah, de facto berkuasa atas Yaman, dikabarkan bahkan berhasil menewaskan 100 orang lebih pasukan koalisi, merengsek perbatasan dan bahkan mengontrol sejumlah wilayah Saudi.

Negara yang sempat diembargo Amerika karena kerjasama dengan Iran itu kini mengabulkan permintaan mantan Presiden Abdurrabbu Mansour Hadi.

Aden merupakan basis kekuatan kelompok koalisi bersama sisa-sisa pasukan Yaman yang setia terhadap mantan Presiden Hadi yang kini berlindung di Arab Saudi.

Muhammad/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *